Kepala BPOM Roy A Sparringa/Antara
Health

Isu Bahan Kimia Obat Rusak Citra Jamu

Newswire
Senin, 30 November 2015 - 20:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Roy A Sparringa, mengatakan isu bahan kimia obat merupakan isu klasik yang mencemari citra jamu di Tanah Air.

"Obat tradisional merupakan warisan budaya bangsa yang layak kita pertahankan, serta perlu dikembangkan agar berperan dalam upaya kesehatan nasional," ujar Roy dalam peluncuran Gerakan Penanggulangan Obat Tradisional Mengandung Bahan Kimia Obat di Jakarta, Senin (30/11/2015).

Dijelskan, penambahan bahan kimia obat pada obat tradisional tidak dapat dibenarkan, karena tak dapat dipertanggungjawabkan keamanannya.

"Kami senantiasa melakukan upaya pengawasan terhadap obat tradisional yang beredar di Tanah Air."

Data pengawasan selama tiga ahun terakhir menunjukkan bahwa pada 2013 terdapat 2,07% obat tradisional yang diuji dan dijadikan sampel yang mengandung bahan kimia obat.

Kemudian, pada 2014 terjadi penurunan persentase temuan obat tradisional mengandung bahan kimia obat menjadi sebesar 1,38%.

Pada 2015 sampai dengan November, data menunjukkan bahwa temuan obat tradisional mengandung bahan kimia obat meningkat menjadi 2,11%.

"Penyebab utamanya masih ada obat tradisional mengandung bahan kimia obat karena permintaan yang cukup tinggi."

Oleh karenanya, lanjut Roy, upaya penanggulangan obat tradisional yang mengandung bahan kimia obat dapat dilakukan jika didukung masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro