HIV/jewishbusinessnews
Health

Hari AIDS Sedunia: 34 Juta Orang Tewas Akibat HIV

Tisyrin Naufalty Tsani
Selasa, 1 Desember 2015 - 01:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Setiap 1 Desember, masyarakat akan memperingati Hari Aids Sedunia. World Health Organization (WHO) mencatat hingga saat ini ada 34 juta orang di dunia yang meninggal sehubungan dengan HIV.

Regional Coordinator di WHO South East Asia Regional Office‎ Tjandra Yoga Aditama mengatakan dari angka tersebut, sebanyak 1,2 juta orang meninggal pada 2014. “Ada 36,9 juta orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di dunia pada akhir 2014,” katanya melalui keterangan resmi Senin (30/11/2015).

Dia juga menyebutkan di dunia, kejadian infeksi baru HIV turun 35% sejak 2000, dan kematian sehubungan AIDS di dunia juga turun 24%.‎

Pada 2014, ada 150 juta orang di 129 negara yang menjalani pelayanan testing HIV dan sebanyak 14,9 juta orang yang mendapat antiretroviral therapy (ART‎). “Target sustainable development goal (SDG) adalah antara lain menghentikan ‎epidemi HIV/AIDS di dunia pada 2030,” katanya..

Mantan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan tersebut menjelaskan peran ART dalam pencegahan terjadinya infeksi HIV di dunia adalah selain mengobati maka ART juga berfungsi sebagai pencegahan bagi mereka yang dalam terapi.

Beberapa rekomendasi WHO untuk penanggulangan HIV/AIDS di dunia antara lain menggunakan cara inovatif untuk melakukan metode Test HIV dan pendekatan pemberian obat yang sedapat mungkin disesuaikan dengan beragamnya mereka yang membutuhkan ART.

‎‎

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro