Pemeriksaan kanker serviks.
Health

Femicam, Kamera Pintar untuk Dokumentasi Periksa Kanker Serviks

Reni Efita
Selasa, 1 Desember 2015 - 00:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Sebuah teknologi Feminin Camera (Femicam) hadir  untuk memudahkan tenaga medis dalam pemeriksaan kanker serviks (kanker leher rahim).

Femicam merupakan sebuah kamera pintar yang didesain untuk mendokumentasikan atau visulaisasi dalam bentuk gambar hasil pemeriksaan kanker serviks. Alat ini adalah inovasi anak bangsa yang dibuat dengan teknologi dari Korea.

“Menjadi pilihan kepada tenaga kesehatan adanya Femicam yang akan memudahkan komunikasi kepada pasien dengan harga terjangkau dan kualitas baik,” ujar Direktur Program Dompet Dhuafa Imam Rulyawan, Senin (30/11/2015).

Teknologi tersebut berguna termasuk pada hasil pemeriksaan Inspeksi Visual Acetat (IVA). Gambar yang dihasilkan dapat dijadikan media penjelasan untuk pasien, dan sebagi alat konsultasi kepada spesialis tentang berbagai kelainan yang ditemukan pada saat pemeriksaan fisik genetalia eksternal dan inspekulo.

Kanker serviks merupakan salah satu isu kesehatan dalam program Kesehatan Reproduksi yang digulirkan Divisi Kesehatan Dompet Dhuafa.

Kondisi kesehatan reproduksi pada perempuan Indonesia memang kian memprihatinkan. Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2010 menunjukkan bahwa kanker serviks merupakan penyebab kematian nomor 2 setelah penyakit Kardiovaskuler.

 Sosialisasi pun terus dilakukan Divisi Kesehatan Dompet Dhuafa agar banyak masyarakat semakin tahu dan paham terkait kanker serviks. Dengan begitu, menurunkan jumlah penderita dapat terwujud.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro