RSU Siloam Karawaci/siloamhospitals.com
Health

RS Swasta Nasional Tekan Jumlah Pasien Berobat ke Luar Negeri

John Andhi Oktaveri
Selasa, 1 Desember 2015 - 14:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Kehadiran rumah sakit swasta nasional tak saja akan menekan jumlah pasien Indonesia berobat ke luar negeri, juga akan meningkatkan taraf kemajuan dan peradaban bangsa.

Demikian dikemukan oleh Ketua MPR, Zulkifli Hasan,  usai menghadiri peresmian Paviliun B Rumah Sakit Umum Siloam di kawasan Lippo Village Karawaci, Tangerang, Selasa (1/12/2015).

Peresmian fasilitas kesehatan itu dilakukan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani dan diikuti acara pemukulan gendang oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan, Menteri Kesehatan Nina Anfasa Moeloek, Gubernur Banten Rano Karno, Pendiri Lippo Group Mochtar Riadi, serta para pejabat lainnya.

Menurut Zulkifli, upaya pihak swasta untuk membangun rumah sakit perlu diapresiasi karena langkah itu telah ikut meringakan tugas yang seharusnya dilakukan pemerintah.

Apalagi, ujarnya, kian banyaknya rumah sakit di dalam negeri akan dapat menurunkan pelarian devisa oleh pasien asal Indonesia yang berobat ke luar negeri, seperti ke Singapura dan Malaysia.

"Tentu. Tentu ini akan sangat membantu," ujarnya ketika dimintai tanggapannya mengenai kehadiran paviliun khusus yang menerima 95% dari pasiennya dari pasien BPJS tersebut.

Mochtar Riadi mengatakan, pihaknya akan berupaya membangun sebanyak-banyaknya rumah sakit. Menurutnya, pembangunan rumah sakit itu bertujuan membantu menutupi ketimpangan fasilitas kesehatan di kawasan perkotaan dan pedesaan.

Khusus untuk Rumah Sakit Siloam di kawasan Lippo Village, dia manargetkan peningkatan jumlah tempat tidur dari 300 unit saat ini menjadi 600 unit pada 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro