Ilustrasi/Charlenebakerspeaks
Health

Inilah Tips Mengoptimalkan Kualitas Tidur

Nurudin Abdullah
Rabu, 2 Desember 2015 - 06:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-Stabilitas daya tahan tubuh seseorang dapat terganggu dan mudah terkena penyakit karena dampak dari kurang tidur atau tidurnya tidak berkualitas baik.

Padahal, perbaikan jaringan sel yang rusak dalam tubuh seseorang itu umumnya dilakukan ketidak istirahat atau saat tidur dengan baik.

Nah, bagaimana cara mengoptimalkan kualitas tidur? Husen A. Bajry menjelaskan dalam buku karyanya “Tubuh anda adalah dokter yang terbaik,” setebal 208 halaman, diterbitkan Media Holistic Indonesia, cetakan ke-IV pada 2013.

Dijelaskan bahwa banyak orang berusaha memperbaiki kualitas tidurnya dengan cara yang salah, seperti mengonsumsi berbagai obat tidur, baik tradisional maupun obat kimia sintetis dengan resep dokter.

Walaupun obat tidur bisa membantu sementara waktu, namun obat tersebut tidak untuk memperbaiki kualitas tidur seseorang.

Untuk itu ada 4 tip yang ditawarkan agar dapat tidur yang optimal dan berkualitas, yaitu Pertama, lalukan olah raga secara teratur minimal setiap dua hari sekali hingga berkeringat.

Apabila Anda sering mengalami sulit tidur, lakukan olah raga pada sore hari agar relaksasi otot mudah terbentuk pada malam harinya untuk memudahkan munculnya kantuk.

Kedua, hidari banyak minum menjelang tidur. Sebaiknya minum dua atau empat jam sebelum tidur agar tidak terganggu oleh seringnya buang air kecil pada malam hari.  

Ketiga, hindari mengkonsumsi makanan padat pada malam hari. Sebaiknya, empat jam sebelum tidur sudah berhenti makan. Dan jika masih terasa lapar, sebaiknya makan buah-buahan saja.

Sebab, kebiasaan makan padat menjelang tidur akan mengganggu kualitas tidur, dan bukan hanya itu, proses pengolahan makanan tidak berjalan dengan baik pada saat tidur.

Ketika tubuh istirahat pada malam hari, energi tubuh yang seharusnya dipakai optimal untuk melakukan perbaikan jaringan sela yang rusak menjadi tidak maksimal, karena sebagian terkuras untuk mengolah makanan.

Akibatnya, Anda sering merasa tidak segar dan badan terasa pegal-pegal ketika bangun tidur.

Adapun tip Keempat, berdoalah dan akhiri aktivitas Anda dengan senyuman sebelum tidur. Ajaklah tubuh Anda tersenyum walau hanya beberapa saat menjelang tidur, itu akan memperbaiki kualitas tidur dan menenangkan pikiran.   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro