Diet/boldsky.com
Health

Penderita Diabetes Bisa Membaik dengan Diet

Newswire
Rabu, 2 Desember 2015 - 12:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Penderita diabetes tipe dua berpeluang membaik kondisinya bila mampu menurunkan berat badan, simpul sebuah studi dalam jurnal Diabetes Care.

Dalam studi itu, para peneliti dari Universitas Newcastle mengungkapkan, lemak yang berakumulasi di pankreas menjadi penyebab munculnya diabetes tipe dua. Bila satu gram lemak ini bisa dikurangi, maka produksi insulin bisa kembali normal.

Sebanyak 18 orang penderita obesitas dan diabetes tipe dua yang menjalani operasi lambung dan diet ketat (membatasi asupan kalori hanya 1200 kkal per hari) selama 8 minggu, diketahui membaik kondisinya. Berat badan mereka-- terdiri dari rentang usia 25-65 tahun-- turun 13 persen.

Tak hanya itu, partisipan studi ini juga kehilangan 0,6 gram lemak dari pankreas sehingga organ ini mampu memproduksi insulin dalam level normal. "Untuk penderita diabetes tipe dua, penurunan berat badan memungkinkan lemak berlebih dari pankreas berkurang sehingga fungsi organ ini bisa kembali normal," kata Professor Roy Taylor dari Universitas Newcastle.

"Jadi, jika anda bertanya berapa banyak berat badan yang perlu diturunkan agar diabetes pergi jauh, jawabannya adalah satu gram. Tetapi, satu gram ini merupakan lemak dari pankreas," tambah dia seperti dilansir telegraph.co.uk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro