Petani panen singkong/Bisnis.com
Health

Konsumsi Singkong Dapat Mengikis Obesitas

Miftahul Khoer
Selasa, 8 Desember 2015 - 20:08
Bagikan

Bisnis.com, DEPOK--Praktisi gizi klinik Rita Ramayulis memperkirakan 10 tahun ke depan pengidap obesitas akan mencapai 25% apabila tidak dicegah dari sekarang.

"Pengidap obesitas di Indonesia per tahun itu 1%. Sekarang posisinya sudah 15,4%," ujarnya saat menghadiri Festival Kuliner Singkong di Mal Margo City, Selasa (8/12/2015).

Dia mengingatkan masyarakat Indonesia harus mulai mengkonsumsi sumber karbohidrat selain dari beras, yakni jagung, ubi, singkong dan umbi-umbian lainnya.

Rita memberi contoh, dalam singkong terdapat gizi tinggi yang mengandung antioksidan sebagai penangkal racun. Singkong juga berkhasiat untuk menekan obesitas.

"Nasi itu pH atau derajat keasamannya lumayan, sementara pH singkong itu netral," ujarnya.

Dia menambahkan singkong memang dinilai sebagai makanan yang derajatnya untuk kelas bawah, tetapi mengandung zat kimia ketika masuk ke tubuh memberikan nilai plus antioksidan.

Oleh karena itu, kata dia, masyarakat Indonesia diimbau untuk mengkonsumi singkong karena bisa diperoleh secara gampang. Saat ini singkong bisa ditemukan di daerah Jawa, Maluku, Sulawesi hingga Papua.

"Tapi sayangnya tanaman singkong sekarang agak berkurang karena lahannya banyak dialihfungsikan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro