Siswa SD Inpres Deranitan berebut air minum seusai bermain bola di desa Dolasin, Rote Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, Rabu (12/8)./Antara
Health

Resolusi 2016: Diet & Hidup Sehat

Nurbaiti
Minggu, 10 Januari 2016 - 06:36
Bagikan

1. Menjaga Asupan Makanan dan Cairan

Salah satu konsep hidup sehat yang dipercaya dapat menurunkan dan menjaga berat badan yang ideal adalah food combining. Dalam pola diet ini, terdapat prinsip bahwa makanan memerlukan enzim cerna berbeda-beda, sehingga jika mengonsumsi makanan yang tidak satu kelompok akan menghambat pencernaan.

Menurut pakar food combining Anung Nur Rachmi, food combining dan konsultasi terhadap psikolog secara umum akan menyehatkan tubuh. Melalui konsep tersebut, seseorang akan memasukkan lebih banyak nutrisi yang tepat bagi tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

Sementara itu, David Ludwig, ahli nutrisi dari Harvard University, mengungkapkan terlalu membatasi asupan makanan serta tak cukup mengonsumsi lemak justru bisa mengagalkan usaha menurunkan berat badan. Mereka yang ingin tampil dengan berat normal seringkali mengganti lemak dengan karbohidrat dan gula. Padahal, cara itu akan membuat tubuh dalam kondisi kelaparan.

Menurut Ludwig, diet rendah lemak yang menjadi populer pada 1970-an tidak hanya memicu epidemi obesitas, tetapi juga berkontribusi terhadap munculnya penyakit kardiovaskular. Kendati demikian, Ludwig menyarankan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badannya agar mengurangi asupan gula dan karbohidrat olahan, karena dapat menimbulkan penimbunan sel-sel lemak.

Di sisi lain, mengonsumsi infused water diyakni bisa memenuhi kebutuhan cairan seseorang, terutama bagi mereka yang tidak suka mengonsumsi air mineral dan buah-buahan. Bahkan, sebagian besar orang mengklaim dengan mengonsumsi infused water juga bisa menurunkan berat badan serta menjadi lebih sehat.

Dengan infused water, seseorang dapat mengonsumsi air mineral dengan beraneka rasa berbeda yang dapat diganti setiap hari sesuai dengan pilihan buah-buahan yang diinginkan. Untuk pilihan buahnya bisa menggunakan potongan lemon, mentimun, stroberi, nanas, kiwi, biji delima, atau jeruk nipis, dan dilengkapi dengan daun mint.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition mengungkap serat tertentu yang terkandung dalam makanan seperti sereal dan minuman dapat menyebabkan pergeseran bakteri dalam usus sehingga membantu mengurangi berat badan. (NURBAITI/ TISYRIN NAUFALTY T.)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nurbaiti
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bisnis Indonesia, Minggu (10/1/2016)
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro