New Delhi book fair 2016/dokumentasi
Fashion

Indonesia Ramaikan New Delhi World Book Fair 2016

Marsya Nabila
Kamis, 14 Januari 2016 - 06:14
Bagikan

Bisnis.com, NEW DELHI - Pameran buku internasional ke-24 di Tanah Hindustan kembali dibuka oleh Menteri Pembangunan Sumber Daya Manusia India Smriti Zubir Irani pada Sabtu (9/1/2016).

Pameran buku yang diselenggarakan oleh National Book Trust India berlangsung pada Sabtu - Ahad (9--17/1/2016) berlokasi di Pragati Maidan, New Delhi, dengan China sebagai Guest of Honour Country yang menghadirkan 205 penerbit dari Negeri Tembok Raksasa itu.

Pada pameran buku di New Delhi yang mengusung tema the Cultural Heritage of India, Indonesia kembali menghadirkan anjungan dengan dekorasi yang kental dengan nuansa etnis budaya Indonesia serta koleksi lebih dari 250 buku dalam kategori sastra, fiksi, anak, pariwisata, politik, kuliner, dan fashion.

Untuk menarik minat pengunjung, anjungan Indonesia juga menghadirkan petugas yang ramah yang dapat menjelaskan ornamen budaya yang dipamerkan.

Selain itu, anjungan Indonesia juga menyuguhkan penampilan seni tari Puspanjali Bali dan tari Cebing Melati Poteh Madura yang dibawakan oleh staf KBRI New Delhi.

Partisipasi KBRI New Delhi pada pameran buku serta pertunjukan sendra tari merupakan perwujudan diplomasi budaya KBRI New Delhi yang terbukti mampu menarik perhatian banyak pengunjung untuk bertanya lebih jauh mengenai seni dan budaya Indonesia serta berfoto bersama para penari yang menggunakan baju daerah Bali dan Madura yang meriah dan unik.

Anjungan Indonesia kali ini diramaikan oleh partisipasi dari IKAPI serta penerbit ternama seperti Noura Books, Borobudur Literary Agency, Puspa Swara, Bestari Buana Murni, Mizan Pustaka, dan Yudhistira yang membawakan ragam koleksi buku untuk dipamerkan sekaligus dijual kepada para pengunjung.

Selain itu, para penerbit tersebut juga berpartisipasi pada program NDWBF Rights Table 2016 pada Senin--Selasa (11--12/1/2016) untuk membentuk networking serta menjajagi peluang kerja sama dengan para penerbit di India.

Anjungan Indonesia diresmikan oleh Wakil Kepala Perwakilan RI untuk India Dalton Sembiring pada (9/1). Pameran buku di New Delhi dapat menjadi peluang besar untuk mempromosikan budaya Indonesia melalui literatur yang dapat menjadi manifestasi dalam peningkatan kerja sama bilateral RI-India, katanya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis.com, Selasa (12/1/2016).

Disampaikan pula bahwa partisipasi Indonesia kali ini diharapkan dapat lebih memperkenalkan citra Indonesia di mata publik India dan publik internasional melalui cerita yang ditulis dalam ragam buku terbitan Indonesia.

Selain itu, pameran dapat memberikan peluang bagi industri penerbitan dan perbukuan di tanah air untuk bekerja sama dengan pihak terkait di India termasuk dalam bidang penterjemahan buku-buku Indonesia dan pencetakan buku Indonesia di tanah kelahiran Gandhi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Marsya Nabila
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro