Ilustrasi/Gijobs
Relationship

GLINTS: Portal Karir Asal Singapura Meluncur Ke Indonesia

Deliana Pradhita Sari
Jumat, 29 Januari 2016 - 09:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Perusahaan startup asal Singapura, Glints, meluncurkan platform karier pertama di Indonesia yang dikhususkan untuk profesional muda dan lulusan baru. Platform ini bertujuan untuk membantu anak muda dalam menemukan minat dan bakat mereka.

Di sisi lain, portal ini juga membantu perusahaan pemberi kerja untuk mendapatkan kandidat muda berkualitas yang memiliki semangat tinggi secara lebih efektif. CEO of Glints Oswald Yeo mengatakan Glints berusaha menghadirkan solusi untuk menghadapi tantangan yang sering dialami oleh para pencari kerja maupun perusahaan pemberi kerja di Indonesia. Setiap tahunnya, Indonesia memiliki lebih dari 2 juta lulusan baru yang mencari kerja.

Namun, hal ini menjadi tantangan berat karena adanya jurang pemisah yang semakin melebar antara keahlian yang dibutuhkan sebagai pekerja dan pendidikan yang dikenyam. “Pada saat yang sama, perusahaan juga dihadapkan pada kesulitan untuk mendapatkan kandidat muda yang memiliki pengalaman serta keahlian yang relevan dengan bidang pekerjaan yang sedang dibutuhkan,” ujarnya di Jakarta, Kamis (29/1/2016)

COO of Glints Looi Qin En menambahkan anak muda dengan usia 20 tahunan belum mengetahui secara jelas tentang karier yang mereka inginkan. Mereka juga belum paham bagaimana mendapatkan keahlian yang tepat untuk bergelut di bidang tersebut. “Kami berharap agar Glints mampu membantu jutaan anak muda di Indonesia untuk mendapatkan pengalaman dan keahlian yang dibutuhkan,” ujarnya. Sebagai platform yang berfokus pada pengembangan kandidat muda, Glints memiliki sejumlah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk menemukan dan mengembangkan karier mereka. Fitur tersebut antara lain

1. Kesempatan yang ditawarkan secara khusus untuk setiap individu: Selain menampilkan job posting, Glints juga menyediakan kesempatan spesial lainnya, seperti magang, pelatihan, proyek paruh waktu, yang secara khusus dihadirkan untuk mengasah keahlian khusus.

2. Live Career Consultations: Glints menyediakan jasa konseling karier yang memberikan jawaban atas segala pertanyaan seputar karier dan rekomendasi pengembangan karier melalui live chatting.

3. Dynamic Career and Skills Path Explorer” fitur ini membantu kandidat untuk menjelajah berbagai bidang karier lainnya, serta memberikan bimbingan guna mendapatkan keahlian khusus yang dibutuhkan untuk berkarier di bidang tersebut. Fitur ini juga dilengkapi dengan Dynamic Skills Tree yang memberikan peta keahlian-keahlian yang dibutuhkan dalam setiap jenis karier.

Di Indonesia, Glints sudah mulai menjalin kemitraan dengan sejumlah universitas dan perusahaan. Salah satu contoh nyatanya adalah bekerjasama dengan perusahaan startup yang bermarkas di East Ventures Hive untuk menyelenggarakan sebuah startup career fair. Hingga saat ini, Glints memiliki lebih dari 20.000 kandidat muda dan 2.000 perusahaan pemberi kerja yang tergabung di dalamnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro