Terminal Blok M. /en.wikipedia.org
Health

Dompet Dhuafa dan PTTEP Gelar Program Peduli Kesehatan Supir Angkutan Umum di Jakarta

Reni Efita
Selasa, 2 Februari 2016 - 19:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Dalam rangka merayakan tahun pertama Gerai Sehat Rorotan ke-1, Dompet Dhuafa dan PT T Exploration and Production Public Company Limited menggelar Aksi Layanan Sehat (ALS) dengan pemeriksaan penyakit tidak menular (PTM)  pada pengemudi angkutan di Terminal Bus Blok M, Selasa (2/2/2016).

Pemeriksaan kesehatan terhadap pengemudi di terminal tersebut merupakan bagian dari program Pemeriksaan PTM  pada 1.001 pengemudi angkutan umum di DKI  Jakarta.

Gerai Sehat Rorotan merupakan klinik pelayanan kesehatan cuma-cuma untuk menyarakat miskin, hasil kerjasama Dompet Dhuafa dan PTT Exploration and Production Public Company Limited (PTTEP)  di bidang kesehatan berupa kuratif, promotif, preventif dan rehabilitatif.

Afiat Djajanegara, General Affairs Manager PTTEP, perusahaan eksplorasi dan produksi minya bumi nasional Thailand, mengatakan pada pelaksanaan ALS masyrakat dapat memeriksakan kesehatan nya sekaligus mendapatkan edukasi dan penyuluhan kesehatan.

“ALS digelar untuk membantu pengemudi angkutan umum mengetahui status kesehatannya khususnya penyakit tidak menular seperti hipertensi, diabetes mellitus, dan faktor risiko stoke serta penyakit jantung dengan pemeriksaan tekanan darah, gula darah, kolesterol dan asam urat,” kata Afiat, Selasa (2/2/2016).

Adanya kegiatan tersebut, kata Afiat, diharapkan dapat membantuk program pemerinta provinsi DKI Jakarta untuk mengetahui status kesehatan para pengemudi angkutan umum, sehingga menjadi rekomendasi yang baik atas kondisi riil para pengemudi angkutan umm dalam menjalankan moda kendaraannya yang melibatkan hajat hidup orang banyak.

Adapun kegiatan ALS diawali di terminal Blok Mi dan akan ber;anjut ke terminal Kalideres, Kp Rambutan, Pulo Gadung, dan terminal Pasar Senen dalam rentang waktu bulan Februari sampai Maret 2016.

Sementara itu, kata drg Ufo Pramigi dari Gerai Sehat Rorotan, hasil pemeriksaan dari pengemudi kendaraan umum itu nanti dapat dijadikan sebagai masukan ke Dinas Perhubungan DKI untuk memperhatikan kesehatan para pengemudi kendaraan umum di Ibukota.

Pemeriksaan kesehatan, kata Ufo, dilaksanakan oleh tim medis Gerai Sehat Rorotan dan Layanan Kesehatan Cuma-Cuma Dompet Dhuafa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro