Ilustrasi
Health

Penelitian: Nilai Gizi Sorgum Lebih Tinggi dari Beras

Yulianisa Sulistyoningrum
Jumat, 5 Februari 2016 - 14:38
Bagikan

Kabar24.com, JAKARTA—Dalam menyikapi persoalan kebutuhan pangan, energi, dan air yang tidak berbanding lurus dengan populasi, pakar Bioteknologi dan Fisiologi Pohon Institut Pertanian Bogor (IPB), Supriyanto, memfokuskan penelitian pada bidang mutasi genetik. Hal ini dilakukan dengan teknologi nuklir dan teknik iradiasi dengan sinar gamma.

Dalam hal ini ia memilih untuk mengembangkan sorgum. Sejak 2008, Supriyanto telah fokus melakukan pengembangan sorgum untuk memenuhi kebutuhan pangan, pakan, energi, fiber/serat, obat-obatan, bahan dasar sapu, bahkan fashion sekalipun.

Sorgum dipilih karena dapat hidup di daerah kering, yang cocok dengan iklim Indonesia, khususnya di wilayah kering Indonesia Timur. Melalui teknik mutasi, peneliti IPB tersebut dapat memperoleh sorgum yang memiliki nilai gizi lebih tinggi dibanding nasi.

“Dengan teknik mutasi, akirnya saya bisa mendapatkan sorgum untuk pangan berprotein tinggi bahkan nilai gizinya lebih tinggi daripada beras,” ujar dosen IPB Supriyanto seperti dilansir dari laman ITB, Jakarta, Jumat (5/2/2016).

Sorgum yang ditemukan Supriyanto juga mampu menghasilkan gula yang dapat menggantikan tebu dengan kadar gula yang lebih bagus mencapai skala break 24%, dibanding tebu yang hanya 19,7 persen. 

Sorgum juga memiliki masa panen dua bulan untuk dapat menghasilkan gula, jauh lebih cepat dibandingkan tebu yang baru akan menghasilkan gula setelah ditanam selama Sembilan bulan.

Proyek pengembangan sorgum ini menjadi jembatan kerjasama dengan beberapa pihak. Pihak-pihak yang telah melakukan kerjasama untuk proyek ini diantaranya dosen dan mahasiswa Departemen Teknologi Hasil Hutan Fakultas Kehutanan (Fahutan), serta kolaborasi bersama peneliti dari fakultas lain untuk aplikasi dalam bidang farmasi dan fashion.

Supriyanto juga telah melakukan kerjasama dengan badan penelitian Nusa Tenggara Timur (NTT) dan beberapa lembaga setempat.

“Di NTT kami telah bekerjasama dengan badan penelitian dan beberapa lembaga untuk menyediakan kebutuhan pangan, mengingat daerah tersebut merupakan daerah yang kekeringan,” ujar Supriyanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro