Ilustrasi/Twirlit
Relationship

4 Cara Agar Makin Produktif Saat Bekerja

Andhina Wulandari
Jumat, 5 Februari 2016 - 15:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dengan jumlah pekerjaan yang banyak dan waktu terbuang akibat macet, tidak jarang produktivitas Anda saat bekerja jadi berkurang yang akhirnya menyebabkan stres. Berikut adalah cara agar Anda bisa makin produktif saat bekerja.

1. Kosongkan pikiran

Saat pekerjaan terasa menumpuk dan berlebihan, coba kosongkan pikiran dulu sejenak. Ambil waktu sekitar satu jam untuk menutup aliran informasi di kepala Anda.

Anda bisa berjalan-jalan sebentar, istirahat untuk sekadar minum teh atau kopi, atau mendengarkan musik. Setelah pikiran terasa lebih segar, baru Anda bisa mulai bekerja lagi. Jangan memaksakan diri untuk bekerja saat pikiran Anda sedang stres atau pusing.

2. Buat daftar

Begitu banyak tugas yang harus Anda lakukan, jadi untuk menyederhanakannya buatlah sebuah daftar. Setelah itu, tentukan tugas-tugas yang menurut Anda kurang penting atau bisa didelegasikan ke orang lain.

Jika tidak bisa didelegasikan, namun masih bisa ditunda, masukkan tugas-tugas tersebut ke dalam daftar tunggu. Hal ini bisa membantu Anda lebih fokus kepada pekerjaan atau tugas yang paling penting.

3. Lakukan pekerjaan penting lebih dulu

Tentukan prioritas pekerjaan Anda dan lakukan yang menurut Anda paling penting atau yang harus dengan segera diselesaikan. Jangan menunda dengan mengerjakannya nanti, karena bisa saja muncul pekerjaan lain yang sama pentingnya dan Anda jadi kesulitan menentukan skala prioritas.

4. Kerjakan satu per satu

Multitasking atau melakukan beberapa pekerjaan sekaligus mungkin terdengar hebat. Tapi sebaiknya Anda mengerjakan setiap tugas satu persatu ketimbang melakukan semuanya dalam satu waktu lalu hanya mendapatkan hasil yang pas-pasan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Lifehack
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro