Maurice White/REUTERS
Musik

Maurice White Pendiri Earth, Wind & Fire Meninggal

Martin Sihombing
Jumat, 5 Februari 2016 - 12:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pendiri grup Earth, Wind & Fire -- yang beraliran jazz, R&B, funk, soul-- Maurice White meninggal dunia di rumahnya di Los Angeles, kata saudara yang juga bas grup Verdine White dalam postingnya di Twitter dan Facebook,  dengan gambar mencolok  saudaranya itu di depan piramida di Giza di Mesir.

Saudara kami,  Maurice White meninggal dengan dama dalam tidurnya pagi ini.  "The light is he, shining on you and me." — Earth, Wind & Fire (@EarthWindFire) 4 Februari 2016

"Saudaraku, pahlawan dan sahabat Maurice White meninggal dengan damai tadi malam dalam tidurnya," kata Verdine Putih di Facebook. "Dunia telah kehilangan musisi besar lain dan legendaris, keluarga kami meminta privasi kami dihormati saat kita akan memulai  sesuatu yang akan menjadi transisi perubahan  yang sangat sulit dan hidup dalam kehidupan kita. Terima kasih atas doa dan keinginan baik." Seperti dikuitp USAToday.

Pada  2000, sebelum EW & F dinobatkan ke dalam Rock and Roll Hall of Fame, Maurice White mengungkapkan kepada Rolling Stone bahwa ia memiliki penyakit Parkinson. Dia didiagnosis  dengan penyakit saraf degeneratif delapan tahun sebelumnya, tetapi memilih untuk merahasiakannya.

White mengumumkan pada  1995 bahwa ia tidak akan lagi tur atau tampil dengan kelompok, yang mengarahkan  spekulasi tentang kesehatannya. Tapi ia tetap aktif sebagai produser dan penulis lagu.

"Aku hanya bosan, tidak mau berbicara tentang hal itu," kata White kepada Rolling Stone pada  2000. "Saya telah cukup banyak menghilang dari tempat kejadian, banyak orang tidak melihat saya dalam waktu yang lama, dan mereka mulai bertanya-tanya apa yang terjadi. "

Recording Academy, yang mengatur untuk penghargaan  Lifetime Achievement untuk Earth, Wind & Fire dalam  58 tahunan Grammy Awards pada 15 Februari, mengeluarkan pernyataan yang mengungkapkan belasungkawa.

"Naluri tepat (White) sebagai musisi dan pemain sandiwara membantu mendorong band menjadi  bintang internasional, prosesnya mempengaruhi sesama musisi yang tak terhitung jumlahnya," kata Presiden/ CEO Neil Portnow.  "Sementara ia akan sangat rindu, kontribusi Maurice untuk musik akan hidup. Kami menyampaikan belasungkawa kami kepada keluarga, teman dan rekan kreatif."

Seorang mantan drummer  yang belajar di Chicago Conservatory of Music, White didirikan Earth, Wind & Fire pada akhir 1960-an, mengambil nama dari bagan astrologi, yang  memiliki  tanda-tanda air. Dikenal karena gaya inventif, White memandu percampuaran  kelompok jazz, R & B, funk, soul, pop, disko dan bahkan suara Afrika.

Kelompok ini sudah menjual lebih dari 90 juta album di seluruh dunia, menampilkan gaya musik yang mencolok dan eklektik yang menggabungkan pengaruh White yang  tumbuh di Memphis, Tenn., dan bekerja di label musik berpengaruh Chicago Catur dan Okeh.

Banyak hits band  ini termasuk September, Shining Star, sebuah cover dari The Beatles 'Got to Get You ke My Life dan Boogie Wonderland.

Earth, Wind & Fire memenangkan enam Grammy dan dilantik ke dalam Rock & Roll Hall of Fame pada  2000. Maurice White  pendiri Earth, Wind & Fire,  melakukan penampilan di atas panggung pada 28 Februari 1982, di Belanda.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : REUTERS/USAToday
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro