Dian Sastro/Bisnis-Duwi Setiya Ariyanti
Referensi

Belajar Onlinepreneur dari Dian Sastro

Azizah Nur Alfi
Sabtu, 13 Februari 2016 - 23:59
Bagikan

 

Bisnis.com, JAKARTA - Buku berjudul 5W1H menjadi karya ketujuh yang ditulis Yoris Sebastian dalam kurun 6 tahun selama berkarya sebagai penulis. Buku setebal 127 halaman ini merupakan kelanjutan setelah sukses buku pertama Oh My Goodness: Buku Pintar Seorang Creative Junkies yang dirilis 1 April 2010.

Buku karya Yoris Sebastian memiliki benang merah agar kaum muda berani berinovasi out of the box dan menjadi enteprenuer. Buku 5W1H yang mengajak pembaca untuk mengenal diri sendiri sebelum memulai sebuah bisnis.

Booming bisnis online tidak sedikit membuat sebagian orang terjebak mencari ide bisnis berdasarkan tren. Melalui buku ini, pembaca dibawa lebih mengenal kisah sukses lima pebisnis online yang produknya dibuat sesuai dengan diri mereka.

Onlinepreneur itu adalah seniman dan aktris Dian Sastrowardoyo bersama tiga sahabatnya yang mendirikan bisnis katering diet 3 Skinny Minnies, Carline Darjanto dan Ria Sarwono dengan bisnis Cotton Ink.

Lalu ada Wahyu Aditya sebagai pendiri sekolah animasi Hello Motion Academy dan bisnis distro KDRI, Fahma Mahardini dengan bisnis Wi-Ka Souvenir Flanel, dan Agnes Tandia mendirikan Kulkith dengan produk alas kaki berbahan batik.

Buku ini terbagi menjadi enam bab yang dapat menjadi pemandu bagi pebisnis online. Yoris membuka halaman pertama dengan sejarah berdirinya lima pebisnis online.

Pada bagian ini, penulis mengajak pembacanya untuk mengenal kekuatan dan kekurangan pada diri sendiri. Sebab, bisnis yang sukses biasanya sesuai dengan DNA masing-masing. “Be sensitive with who you are,” tulisnya pada halaman 15.

Selanjutnya, pembaca diajak mengetahui jenis produk bisnis yang dapat ditawarkan, hingga kapan waktu yang tepat untuk melaksanakan ini.

Penulis menutup bagian terakhir dengan beberapa ide promosi untuk menarik konsumen dengan produk yang ada. Ide tersebut di antaranya seminar di dalam bioskop saat peluncuran OMG Consulting, hingga cara memaksimalkan media sosial.

Penulis menggunakan gaya bahasa bercerita pada buku yang sesungguhnya mengulas seputar bisnis. Pembaca akan terhibur dengan keberadaan gambar sebagai terjemahan dari setiap ulasan pada buku ini.

Nama Yoris Sebastian seolah menjadi jaminan atas berbagai tips bisnis online yang tidak biasa. Hal ini tidak lepas dari pengalamannya sebagai pendiri OMG Creative Consulting dan beberapa penghargaan karena ide bisnis yang out of the box.

Dia juga sukses meraih penghargaan Indonesia Young Marketers Awards 2003, International Young Creative Entrepreneur on the Year Awards 2006, Asia Pacific Entrepreneur Awards 2008, serta The Progessive Figures dari Forbes Indonesia pada 2014. ()

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bisnis Indonesia, Minggu (14/2/2016)
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro