Bayi/independent.co.uk
Health

4 Cara Menerapkan Pola Tidur pada Bayi

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 29 Maret 2016 - 14:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Bulan-bulan awal usia bayi, bisa menjadi waktu yang tepat untuk menerapkan pola tidur yang rutin dan baik untuk mereka.

Bagi para orangtua dengan bayi yang baru saja lahir, pasti pola tidur akan berkurang dari delapan jam sehari yang ideal, karena harus mengurus anak Anda.

Kurangnya bayi tidur di malam hari memanglah hal yang wajar, karena biasanya mereka merasa lapar setiap 3 jam sekali. Namun terbangun terlalu sering juga tidak terlalu baik secara fisik untuk bayi.

Sehingga, perlu diterapkan pola tidur yang ideal agar kebutuhan tidur bayi terpenuhi dan tidur malam mereka juga tidak terlalu terganggu. Berikut tips mengatur pola tidur bayi Anda agar lebih teratur:

1. Ajarkan bayi Anda perbedaan antara siang dan malam
Bayi baru lahir akan menghabiskan rata-rata 16 jam setiap hari untuk tidur. Namun kebanyakan mereka terbangun pada malam hari.

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah untuk mengajarkan bayi Anda hubungan antara waktu gelap malam untuk tidur dan waktu siang yang terang untuk terbangun.

Dalam waktu 10 minggu, bayi Anda mampu memahami dia harus tidur lebih lama di malam hari.

Dan biarkan bayi Anda terbangun di siang hari dengan menempatkannya di lingkungan yang cukup ramai sehingga dia tidak tertidur.

Dan biarkan mereka tertidur nyenyak di malam hari, dengan mengurangi kebisingan di sekitarnya. Cara ini, pada akhirnya akan membantu bayi Anda untuk belajar bahwa malam hari adalah untuk tidur.

2. Biasakan tidur siang

Bayi senderung senang bergerak dan membuatnya lelah, karenanya tidur siang sangat penting buat mereka. Hal ini bisa mereka akan tenang dan diam. Bayi yang mengantuk biasanya akan menggosok mata mereka, menguap atau menangis. Saat itu terjadi, maka tidurkanlah mereka. Pola tidur siang biasanya diperlukan selama satu setengah jam setelah waktu bangun mereka sebelumnya.

3. Terapkan waktu tidur yang rutin
Hal ini penting untuk mengembangkan kebiasaan tidur yang sehat. Setiap malam biasakan waktu jam tidur yang rutin, sehingga mereka bisa menyesuaikan diri dengan waktu tersebut, dan akan merasa mengantuk pada jam yang sama setiap malam.

4. Jangan biasakan tidur sambil menyusu

Selama minggu-minggu awal, bayi Anda kemungkinan besar akan membutuhkan minum susu sebelum tidur. Anda dapat membawa mengubah kebiasaan ini dengan menyusuinya setelah mandi atau sebelum tidur siang. Kebiasaan ini membuatnya menjadi kurang bergantung pada kebiasaan menyusui sambil tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : timesofindia.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro