Kaos kaki. /
Fashion

KAUS KAKI: Tak Sekadar Penghangat Kaki

Wike Dita Herlinda
Minggu, 3 April 2016 - 00:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagian besar orang memberi perhatian khusus pada desain sepatu yang mereka kenakan untuk menunjang penampilan. Sebab, alas kaki merupakan elemen penting yang memengaruhi keseluruhan gaya yang ingin ditampilkan seseorang.

Namun, tidak banyak orang yang memberi atensi terhadap pasangan dari sepatu, yaitu kaus kaki. Meskipun tampak sepele, padu padan antara sepatu dan kaus kaki sebenarnya bisa menjadi sentuhan detail unik yang mampu memperkuat karakter penampilan. Memang, tidak semua orang, sehari-harinya menggunakan kaus kaki sebagai ‘jodohnya’ alas kaki.

Bahkan, bagi banyak orang—terutama yang tidak lagi bergantung pada penggunaan sneakers atau pantofel formal—kaus kaki dianggap kurang penting dan justru merusak gaya. Akan tetapi, tidak ada salahnya memahami bahwa kaus kaki juga memiliki trennya sendiri dan bisa menjadi aksen bagi penampilan kasual Anda. Pada kenyataannya, di berbagai belahan dunia saat ini, kaus kaki sudah menjadi aksesori wajib pakai.

Berbagai majalah dan pemerhati mode kelas dunia menyoroti tren kaus kaki dengan corak dan motif warna-warni alias novelty socks—yang dulu dianggap norak, kekanakan, dan sulit dipadupadankan—saat ini justru banyak diburu para pencinta fesyen.

Novelty socks begitu banyak ditemukan di manapun. Kreasi warna dan motifnya juga tidak terbatas. Terlebih lagi, harganya begitu terjangkau, sehingga siapapun bisa mendapatkannya dengan mudah.

Dari segi desain, novelty socks yang sedang tren adalah yang berpotongan konvensional, seperti kaus kaki anak sekolah, dengan ujung jari bulat biasa dan tinggi di atas mata kaki, sedangkan pola yang digemari tidak ada batasannya.

Saat ini banyak orang yang mencari kaus kaki dengan tema kreatif, yang dapat dipilah-pilih sesuai selera dan karakter pemakainya, mulai dari karakter kartun, buah-buahan, binatang, bendera, makanan, hingga yang coraknya berbeda antara kanan dengan kiri.

Bagi yang menyukai gaya unik dan sedikit out of the box, terdapat desain-desain menarik seperti motif kerangka dan otot manusia, kaki ayam, hingga tiruan masakan Jepang, dan bentuk-bentuk lain yang terkesan tiga dimensi. “Kaus kaki lucu-lucu itu biasa disebut kaus kaki Korea, karena memang banyak didatangkan dari Korea. Sebab, di sana kaus kaki dengan desain kreatif sedang populer,” kata Anisa Nurdjannah, pemilik supplier kaus kaki novelty impor Ar&Sa Stuff.

KAUM HAWA

Di Indonesia, lanjutnya, desain novelty socks yang banyak diminati—khususnya oleh kaum Hawa—adalah karakter kartun seperti Sailor Moon dan kaus kaki couple yang berbeda motif tetapi saling melengkapi antara kiri dan kanan.

Tidak hanya di Asia, di Amerika Serikat pun kaus kaki berdesain kreatif juga sedang booming. Berbagai pesohor, mulai dari Rihanna, Jay-Z, hingga pemain NBA Dwyane Wade turut memopulerkan tren novelty socks di dunia fesyen.

Padu padannya pun tidak terbatas pada penggunaan sneakers semata, tetapi juga dengan sepatu bertumit tinggi, bot, sandal, loafers, dan sebagainya. Terkadang, motif unik pada kaus kaki digunakan sebagai satu-satunya statement dari keseluruhan penampilan.

Padankanlah kaus kaki dengan motif yang mencuri perhatian bersama busana berpotongan simpel berwarna polos atau monokrom untuk menghasilkan gaya yang lebih edgy dan tidak terlalu ramai.

Namun, novelty socks dapat pula dikenakan untuk tabrak warna dan motif guna mendapatkan penampilan yang lebih enerjik dan menyita perhatian. Jadi, tak perlu ragu lagi untuk menggali ide padu padan karena tidak ada batasan untuk berkreasi dengan kaus kaki. ()

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bisnis Indonesia, Minggu (3/4/2016)
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro