Health

Aspirin Bantu Pencegahan Penyakit Jantung & Kanker

Anitana Widya Puspa
Kamis, 14 April 2016 - 00:33
Bagikan
Bisnis.com, WASHINGTON--Mengkonsumsi aspirin sehari dapat membantu mencegah penyakit jantung dan kanker usus besar pada beberapa orang dewasa
 
Unit Layanan Pencegahan Amerika Serikat menemukan manfaat penggunaan aspirin secara teratur lebih besar daripada risiko perdarahan.
 
Akan tetapi berapa banyak orang yang bisa merasakan manfaatnya bergantung pada usia dan risiko penyakit kardiovaskular mereka.
 
Dikatakan orang berusia 50 sampai 59 tahun yang mengalami peningkatan risiko serangan jantung atau stroke mendapatkan manfaat paling tinggi dari penggunaan aspirin dosis rendah (81 mg) dan merekomendasikan inisiasi aspirin untuk grup ini.
 
Sementara orang berusia 60 sampai 69 tahun dengan peningkatan risiko kardiovaskular juga bisa mendapatkan keuntungan dari melakukannya, tetapi manfaat keseluruhan untuk kelompok ini lebih kecil dan karena itu keputusan untuk meminum aspirin harus dibuat dengan dokter mereka.
 
Panel juga menyimpulkan bahwa saat ini tidak ada bukti memadai dalam menilai keseimbangan manfaat dan bahaya penggunaan aspirin pada orang dewasa yang lebih muda dari 50 tahun atau lebih tua dari 70 tahun.
 
"Sebelum mulai mengkonsumsi aspirin untuk pencegahan primer, orang berusia 50-69 harus berbicara dengan dokter perawatan primer mereka untuk memahami risiko penyakit kardiovaskular dan risiko pendarahan," kata Kirsten Bibbins-Domingo, ketua panel, seperti yang dipantau Bisnis dari Xinhua Rabu (13/4)
 
Unit Layanan Penvegahan AS merupakan panel relawan independen AS ahli yang secara teratur meninjau bukti ilmiah dan membuat rekomendasi tentang layanan pencegahan klinis seperti, layanan screening, konseling, dan obat-obat pencegahan.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro