Ilustrasi/Digitaltrends
Health

5 Hal Penting yang Harus Dilakukan Perempuan Untuk Menjaga Kesehatannya

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 20 April 2016 - 14:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Perempuan sangat rentan terkena beragam penyakit mematikan. Misalnya saja kanker payudara dan kanker serviks.

Penyebabnya beragam. Mulai dari genetik, gaya hidup, dan juga virus dan bakteri saat ini yang makin banyak betebaran.

Karena itu sangat penting bagi perempuan untuk menjaga kesehatannya secara rutin. Agar terhindar dari beragam penyakit tersebut. Memeriksakan kesehatan perempuan juga harus lebih rutin dibandingkan pria. Dari mulai cek payudara, dan papsmear.

Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan perempuan untuk menjaga kesehatannya seperti dilansir timesofindia.com:

Memantau waktu menstruasi
Kesibukan pekerjaan  dan kemacetan panjang mudah membuat perempuan menjadi stres, dan jadwal menstruasi yang tidak beraturan. Sehingga sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda, apakah hal tersebut wajar atau tidak. Ketidakteraturan dalam siklus menstruasi dapat menandakan gangguan dalam tubuh Anda, misalnya saja ketidakseimbangan hormon ke panggul infeksi atau bahkan kanker ovarium atau serviks, "kata Dr Bandita Sinha, konsultan ginekolog dan spesialis kesuburan dari India.

Dr Geeta Vaidya, konsultasi dokter kandungan dan infertilitas spesialis mengatakan jumlah menstruasi yang banyak  biasanya disebabkan karena fibroid atau PCOS dan dapat menyebabkan anemia berat. "Dalam jangka panjang, hal ini dapat menyebabkan hemoglobin rendah, kepadatan tulang yang rendah, penuaan dini, osteoporosis serta hipotiroidisme subklinis,"

Gunakan pil kontrasepsi dengan bijak
Ada banyak mitos seputar pil kontrasepsi.Beberapa mengatakan mereka menyebabkan kenaikan berat badan sementara yang lain mengatakan mereka membuat Anda subur. Namun para ahli tidak setuju. Karena penggunaan pil kontrasepsi ini juga tergantung tubuh perempuan masing-masing.

Konsultasikan pada dokter, jangan mencari di Google,
Adanya keberadaan google yang bisa memberikan segala informasi yang dibutuhkan membuat perempuan cenderung mencari tahu sendiri tanpa pergi ke dokter. Padahal informasi dalam website dapat menyajikan tampilan yang menentang satu sama lain dan ini hanya akan membuat Anda bingung.

Mengatasi masalah saluran buang air
Meskipun inkontinensia mempengaruhi perempuan dari segala usia, itu lebih umum di kalangan wanita yang telah memiliki anak. "Inkontinensia stres biasanya terjadi ketika gerakan fisik seperti tertawa, bersin dan batuk tekanan put pada otot yang mengontrol kemampuan Anda untuk menahan kencing, sehingga menyebabkan kebocoran tidak terkendali urin. Wanita tidak menyadari bahwa gangguan ini bisa diobati.

Menjaga kebersihan tubuh
Perempuan harus segera mandi dan melepas pakaian mereka yang berkeringat karena bisa menyebabkan bakteri buruk pada tubuhnya terutama pada genitalnya. Kebersihan organ pribadi sangat penting, terutama di kalangan wanita karir  yang menghabiskan banyak waktu di luar rumah. Wanita harus melindungi diri dari infeksi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : timesofindia.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro