Thylacine adalah grup musik beraliran EDM (Electronic Dance Music). /sindhenapp
Musik

IFI Gelar Electro Night Bersama Thylacine & Les Gordon

Atiqa Hanum
Rabu, 27 April 2016 - 18:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Festival Printemps Français 2016 yang diselenggarakan Institut Prancis di Indonesia (IFI) mengadakan Electro Night bersama Thylacine dan Les Gordon pada 6 Mei 2016 di Jakarta dan di kota-kota lainnya.

Berdasarkan siaran pers IFI, Rabu (27/4/2016), Thylacine adalah grup musik beraliran EDM (Electronic Dance Music) yang terbentuk pada 2012 dan mengambil nama mereka dari nama latin harimau Tasmania, Thylacinus cynocephalus.

Tak sesangar namanya, duo yang terdiri dari William Rezé dan grafis video VJ Laetitia Bely menyuguhkan musik emosional dan terinspirasi band elektronik Massive Attack. Karya Thylacine pun dipengaruhi musik dance Paul Kalkbrenner yang pernah tampil dalam ZoukOut Dance Music Festival 2012 di Singapura.

Bagi William Rezé, lulusan sekolah seni bergengsi di Prancis, École supérieure des beaux-arts TALM-Angers, musik dan visual adalah dua hal yang tak terpisahkan.

Pada 2015, William Rezé membangun label rekaman sendiri: Intuitive Records sebagai wadah produksi multimedia dan tempatnya merilis EP pertamanya, Exil (Januari 2015) dan album Trans-Siberian (November 2015).

Bersama Laetitia Bely, sang “seniman visual” yang berkreasi dengan program Modulate untuk menampilkan video secara live, William Rezé menyuguhkan dentuman musik dan video grafis yang dipadu mengikuti suasana panggung.

Walau lahir dari proyek DIY di internet, social media dan blog, Thylacine melesat sejak 2012 dan meraih tempat dalam komunitas musik elektronik.

Mereka berhasil menembus festival besar seperti Les Rencontres Trans Musicales de Rennes, pelopor festival musik di Prancis sejak 1979 yang menjadi ajang unjuk gigi musisi ternama seperti Björk, Lenny Kravitz dan Nirvana.

Thylacine juga tampil dalam festival musik Printemps de Bourges di mana Anggun Cipta Sasmi, pernah tampil memukau publik Prancis pada 2005 dengan lagu In Your Mind dan Snow on the Sahara.

Pada 2015, Thylacine berpartisipasi dalam perhelatan musik terbesar di Austin, Amerika Serikat, South by Southwest (SXSW). Thylacine pernah menjadi band pembuka dalam konser musisi dance elektronik Prancis, Vitalic dan rapper Belgia, Stromae serta tampil dalam cover majalah musik elektronik terpopuler di Prancis, Tsugi (Maret 2015).

Les Gordon alias Marc Mifune seorang DJ yang meniti karirnya di genre musik elektronik dari bawah. Les Gordon belajar alat musik cello sejak ia kecil dan pernah tergabung dalam sebuah orkestra. Lama bergelut dengan musik klasik mengajarkan Les Gordon berkarya secara metodis dan spesifik. Four Tet merupakan inspirasi pertamanya dalam bermusik, diikuti nama-nama lain seperti Elliot Smith, Sufjan Stevens, Made in Heigts, Bibio, Lxury.

Festival Trans Musicales 2013, di mana Les Gordon main sebagai opening act untuk musisi internasional Stromae menjadi awal yang luar biasa. Saison menjadi album mini yang membawanya ‘naik kelas’ dan bergabung dengan label musik, Allo Floride. Album mini pertamanya berjudul Atlas yang ia buat bersama label Kitsuné, telah mensejajarkan Les Gordon dengan band elektro-pop ternama yang terkenal di Indonesia seperti Two Door Cinema Club dan La Roux.  Di album Atlas, musisi asal Rennes, Prancis ini memberikan nuansa bebunyian yang menghanyutkan, dimana ia menulis lagunya bak lukisan lanskap.

Perkenalan bersama Kitsuné berawal saat Les Gordon bermain di sebuah Kitsuné Club Night di Paris. Kitsuné terkesan dan akhirnya mengajak Les Gordon tergabung dengan label kenamaan ini. Les Gordon yang berdarah Asia (ayah dari Taiwan dan kakek dari Jepang) sangat antusias bergabung dengan Kitsuné. Dengan album Atlas, Les Gordon menciptakan sejarah baru, ia membebaskan alat musik gesek dan membangunnya dengan notasi gitar yang mengalir dan dapat langsung menyentuh imaji kita.

Penampilan mereka di Printemps Francais 2016 merupakan kali pertamanya di Indonesia dan Asia, dimana Les Gordon akan tampil bersama Thylacine. Anda dapat membeli tiketnya di The Fable 08118169555 (dhany) atau www.sindhenapp.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Atiqa Hanum
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro