Ilustrasi/Fournier
Relationship

Berikut Tren Pekerjaan di Indonesia

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 29 April 2016 - 08:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Di era digital seperti sekarang ini, informasi mengenai lowongan kerja semakin mudah untuk didapat. Lantasbagaimana tren pekerjaan di Indonesia pada kuartal pertama 2016?

 
Berdasarkan analisis yang dilakukan oleh Jora Indonesia (id.jora.com), agregator yang menampilkan informasi lowongan kerja dari halaman karir perusahaan dan situs-situs lowongan kerja, pekerjaan yang paling banyak dicari adalah administrasi, accountingdriver,SMA & SMK, dan Bank. Sementara itu, lokasi pekerjaan paling banyak dicari adalah Jakarta, Surabaya, Bandung, Jogja, dan Bekasi.
 
 
Informasi tersebut disusun berdasarkan data pencariandari kata kunci yang dipakai pengguna di situs JoraIndonesia selama Q1 dari bulan Januari-Maret 2016.
 
Hingga akhir Maret 2016, Jora Indonesia menampilkan sekitar 60 ribu lowongan kerja dari sekitar 400 situslowongan kerja dan halaman karir perusahaan.Sementara total kunjungan ke situs Jora Indonesiamencapai sekitar 90.000 sesi.
 
Berikut daftar pekerjaan yang informasinya paling banyak dicari oleh pengguna:
1. Administrasi (dicari sebanyak 8% pengguna)
2. Accounting (6%)
3. Driver (5%)
4. Bank (4%)
5. SMA & SMK (3%)
 
Sementara itu 5 lokasi pekerjaan paling banyak dicariadalah:
1.Jakarta (dicari sebanyak 23% pengguna)
2.Surabaya (8%)
3.Bandung (6%)
4.Jogja (5%)
5.Bekasi (4%)
 
“Tingginya pencarian dengan kata kunci driver serta SMA & SMK menunjukkan bahwa pencari kerja diIndonesia juga banyak dari kalangan informal atau tidak memiliki gelar”, kata Rizka Tsalasi, Country Manager Jora untuk Indonesia.
 
Sebagai aggregator, Jora Indonesia menampilkan bebagai lowongan kerja baik untuk profesional maupun non gelar. Pengguna Jora cukup mengetikkan kata kunci apa saja di kotak nama pekerjaan (misalnya sma, smk, IT, editor, magang, hotel, dsb), dan pengguna sudah bisa menemukan informasi lowongan kerja. 
“Jora Indonesia menawarkan layanan satu atap agar pencari kerja yang tidak perlu repot membuka situs lowongan kerja satu persatu lagi, “tambah Rizka.
 
Saat ini layanan Jora Indonesia tersedia gratis melalui aplikasi Android dan iOS. Selain itu, Jora juga membuka kesempatan bagi perusahaan untuk mempostinglowongan kerja gratis di Jora.
 
“Semua lowongan di Jora diverifikasi setiap hari. Jikaada lowongan yang mengandung spam akan segera dihapus”, tutup Rizka.
 
Jora sendiri merupakan perusahaan rintisan (startup) asal Australia yang baru diluncurkan dalam Bahasa Indonesia bulan Januari lalu. Hingga saat ini Joramenyediakan informasi lowongan kerja di 16 negara yang dapat diakses gratis.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro