Bayi sehat/marketwatch.com
Health

Tips Mengasuh Anak Agar Menjadi Anak yang Bahagia

Mia Chitra Dinisari
Senin, 2 Mei 2016 - 09:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Dengan banyaknya informasi mengenai pola pengasuhan anak yang bisa didapat secara luas lewat internet, dan masukan dari para orang tua yang berpengalaman, tentu menjadi hal positif bagi orang tua baru.

Namun, kadangkala kelebihan informasi juga bisa membuat orang menjadi bingung memilih pola pengasuhan mana yang akan diadopsinya.

Belum lagi banyak kritikan atau nasehat dari mereka yang sudah berpengalaman seringkali membuat orang tua baru menjadi tertekan. Pola pengasuhan anak adalah hal yang penting dilakukan agar bisa membesarkan anak yang baik.

Yang harus digarisbawahi orang tua adalah membesarkan anak bukan melulu terkait agar anak sehat, dan pintar. Namun juga memastikan anak Anda adalah anak yang bahagia. Berikut tips membesarkan anak agar menjadi anak yang bahagia seperti dilansir timesofindia.com:

Diskusikan dengan pasangan
Anda tidak harus mengikuti gaya pengasuhan tertentu untuk membesarkan anak Anda. Diskusikan dengan pasangan Anda dan mencapai kesepakatan tentang bagaimana Anda ingin membesarkan anak Anda. Membesarkan anak adalah tugas yang menantang dan tidak bisa turun hanya dengan mengikuti sebuah buku panduan. Anda dan pasangan perlu saling mendukung dalam gaya pengasuhan, bukan saling menentang satu sama lain pada setiap tahap.

Ambil nasihat hati-hati
Anda akan menemukan banyak orang yang akan memberikan banyak nasihat apa yang harus dan tidak harus dilakukan. Tapi karena Anda adalah orang yang sudah melahirkan anak Anda, Anda juga memiliki hak untuk memutuskan mana saran yang Anda butuhkan dan apa yang harus diabaikan. Tidak ada yang bisa memaksa Anda untuk mengikuti aturan-aturan tertentu, bahkan dokter atau ibu Anda. Ya, mereka juga mungkin dapat menawarkan tips yang baik karena mereka berpengalaman dan Anda juga dapat mengikuti tips tersebut tapi hanya jika Anda merasa Anda harus. Dan bertanyalah pada yang berpengalaman untuk menambah pengetahuan Anda saja.

Mempercayai naluri keibuan Anda
Percayalah insting Anda dan melakukan apa yang Anda rasa tepat untuk Anda dan bayi Anda. Bahkan jika Anda tidak 100 persen yakin keputusan Anda, tetaplah ikuti kata hati Anda. Selama Anda melakukan apa yang terbaik untuk anak Anda, Anda melakukan hal yang benar.

Cinta adalah hal yang penting
Berikan bayi tanpa syarat cinta dan peduli dan pada saat yang sama menanamkan kebiasaan baik dalam dirinya. Menghabiskan waktu berkualitas dengan anak Anda adalah hal penting. Bahkan jika Anda seorang ibu bekerja, coba membuat waktu maksimum untuk anak Anda. Ingat, bayi Anda adalah prioritas pertama Anda dan membutuhkan perawatan Anda dan perhatian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : timesofindia.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro