Referensi

Ingin Gelar Baby Shower? Ini Buku Panduannya

Azizah Nur Alfi
Selasa, 3 Mei 2016 - 14:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perayaan kehamilan tidak lagi terbatas pada pengajian empat bulanan, tujuh bulanan, atau ritual adat dan keagamaan lainnya.

Di lingkungan pergaulan kaum sosialita, baby shower mulai digemari sejak lima tahun belakangan ini. Baby shower merupakan perayaan kehamilan yang berasal dari modern Barat.

Buku The Little Thoughts Book of Baby Shower menjadi salah satu petunjuk bagaimana menghadirkan baby shower yang berkesan sekaligus berkelas. Latar belakang penulis yang tidak lepas dari lingkungan sosialita, buku ini sukses menghadirkan konsep dan tema yang unik.

Nadya Mulya merupakan seorang model dan presenter, sementara Ola Harika merupakan party planner, dekorator ternama, sekaligus pendiri Little Thoughts yang berpengalaman menangani pesta kaum selebritis.

Dalam buku setebal 90 halaman, pembaca akan menemukan aturan pelaksanaan dan adaptasi yang dapat dilakukan agar sesuai dengan kebiasaan kebiasaan Indonesia, etiket, serta panduan aplikatif untuk menyelenggarakan baby shower sendiri.

Pembaca dapat mudah mengikuti panduan penulis karena pembahasan dibagi per bab secara berurutan. Pada bab pertama, Nadya Mulya menjelaskan asal usul acara baby shower dan kehadirannya di Indonesia. Pada bab kedua, pembaca disuguhi guidelines aturan baku dalam penyelenggaraan baby shower di negara asalnya. Diantaranya, menentukan siapa yang menyelenggarakan, target undangan, hingga jenis kado yang dibutuhkan.

Pada bab ketiga, penulis memberikan pertimbangan seberapa penting menggunakan jasa party planner. Jika tidak menggunakan jasa ini, penulis juga memberikan beberapa masukan berupa panduan aplikatif seperti, budgeting, timeline, rundown, hingga games dalam acara.

Panduan aplikatif ini dapat ditemui pada bab keempat. Pada bab ini, penulis memaparkan timeline secara detail. Misalnya, apa yang perlu dilakukan sejak persiapan satu bulan sebelum penyelenggaraan hingga H+7. Setelah membuat timeline, pembaca diajak untuk bagaimana memilih undangan yang akan menentukan sifat acara, lokasi, dan waktu. Penulis juga menampilkan persentase budgeting untuk setiap kebutuhan, seperti makanan-minuman 50%, undangan, thank you note, dan souvenir 10%, dekorasi 40%, hingga biaya tak terduga. Ide segar tentang lomba yang tepat dimainkan pada acara baby shower disajikan sebagai penutup pembahasan bab empat.

Pembaca memperoleh lima inspirasi dekorasi dan tema DIY baby shower pada bab kelima. Misalnya, tema Black and White, Anda dapat menyiapkan personalized chocolate bar. Caranya, dengan menggunakan kertas art paper sebagai pengganti wrapping luar.

The Little Thoughts Book of Baby Shower menjadi panduan yang tepat bagi Anda yang hendak menyelenggarakan acara baby shower. Namun, Anda perlu melakukan sendiri estimasi biaya penyelenggaraan acara. Sebab, buku ini tidak menghadirkan estimasi biaya kebutuhan acara baby shower. Penulis hanya merinci persentase tiap kebutuhan dari pos anggaran. Selamat membaca dan mengaplikasikannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro