Sakit kepala/boldsky.com
Health

Membedakan Migrain dan Sakit Kepala Biasa

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 6 Mei 2016 - 04:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Menurut lembar fakta Organisasi Kesehatan Dunia WHO pada gangguan sakit kepala, migrain memengaruhi lebih dari 30 persen dari populasi orang dewasa secara global.

"Migrain adalah sakit kepala yang paling umum dikeluhkan orang-orang," kata Dr Nitin G Sampat, seorang ahli saraf konsultan yang baru-baru ini melakukan lokakarya tentang migrain di Rumah Sakit Bhatia di Mumbai.

"Mereka juga yang paling terakhir didiagnosis dan overdiagnosed penyakit. Orang sering mengabaikan migrain hanya sebagai sakit kepala biasa. Konsekuensi dari mengabaikannya selama periode waktu bisa jberakibat cukup buruk. Jadi sebaiknya jangan menganggap remeh sakit migrain," tambahnya

Migrain VS sakit kepala

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, aktor Jennifer Morrison berbicara secara rinci tentang perjuangannya dengan migrain dan cara melemahkan mereka. "Ini salah satu hal yang jika aku tahu ketika saya pertama kali mulai mengalami beberapa gejala, saya akan lebih menyadari apa masalahnya," Aktor tersebut mengungkapkan gejala awal yang dirasakannya. "Saya mulai dengan mengaburnya penglihatan atau visi, aku tidak yakin apa itu. Jadi saat itu saya panik seperti, `Oh my gosh, apa yang terjadi padaku?"

Ada banyak seperti Morisson yang migrainers istilah untuk orang yang menderita migrain tetapi berada dalam penyangkalan tentang keparahan penyakitnya. "Salah satu kebutuhan untuk memahami bahwa migrain adalah sakit kepala, yang lebih parah dari migrain. Tapi semua sakit kepala tidak migrain," kata Dr Sampat.

Sebuah migrain dapat dibedakan dari sakit kepala oleh beberapa faktor, seperti berdenyut atau rasa sakit menusuk di kepala. Dia menjelaskan beberapa gejala dari migrain dan yang membedakannya dari sakit kepala yang normal:

1 Sakit kepala migrain sering disertai dengan mual dan muntah

2 Rasa sakit adalah intensitas sedang atau berat

3 rasa sakit akan lebih parah dengan gerakan atau aktivitas fisik

4 Ada peningkatan sensitivitas -photophobia cahaya, dan -phonophobia suara

5 Hal ini berlangsung selama sekitar empat sampai 72 jam

Jika sakit kepala Anda tidak memiliki tanda-tanda di atas ini, maka sakit kepala Anda kemungkinan besar tidak migrain, dan bisa menjadi sakit kepala campuran atau sakit kepala ketegangan. Siapa yang berisiko? Orang-orang muda, pada kenyataannya, lebih berisiko untuk migrain, seperti wanita pasca-puber.

"Pria mulai memiliki migrain pada usia lebih awal dibandingkan dengan wanita. Tapi ada prevalensi lebih tinggi dari wanita memiliki migrain. Untuk setiap satu orang, ada tiga wanita yang menderita migrain," tambah Dr Sampat.

Ada juga komponen genetik dan hormonal yang tinggi ikut berpengaruh. Ada kesempatan yang lebih tinggi dari seseorang yang memiliki migrain jika ibu mereka memilikinya, atau mereka menjadi penyakit di keluarga ibu. Selain itu, setiap perubahan hormonal dalam tubuh-bahkan sesuatu yang rutin sebagai menstruasi dapat menyebabkan serangan migrain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : timesofindia.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro