Senam neuromove di Ancol/Reni Efita Hendry
Health

Pencegahan Kerusakan Saraf Tepi, Sekitar 10.000 Warga Turut Ramaikan Pekan Neuropati 2016

Reni Efita
Minggu, 15 Mei 2016 - 19:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kurang lebih 10.000 warga Jakarta dan sekitarnya mengikuti kegiatan puncak Pekan Neuropati 2016 untuk  melakukan upaya pencegahan dini neuropati di pantai Carnival Ancol, Minggu (15/5/2916).

Kegiatan pencegahan kerusakan saraf tepi (neuropati) itu dilaksanakan oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (Perdossi) bersama perusahaan Merck.

Pekan Neuropati 2016 merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan di Indonesia sebagai bentuk dari edukasi pencegahan neuropati.

Neuropati bisa disebabkan karena gaya hidup sehari-hari dalam bentuk aktivitas yang dilakukan berulang-ulang seperti main gadget, mengendarai motor, mengetik atau memakai sepatu hak tinggi.

Pencegahan kerusakaan saraf itu dapat dilakukan dengan mengadakan pemeriksaan saraf, olahraga neuromove (senam kesehatan saraf) dan melakukan pola hidup sehat.

Dr. Lily S. Sulistyowati, MM, Direktur Pendegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular yang mewakili Menkes mengatakan pencegahan dini merupakan fokus dalam pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular.

“Neuropati ternyata banyak diderita banyak orang karena gaya hidup yang tidak sehat seperti kurang olahraga. Melalui acara edukatif ini, saya mengimbau masyarakat agar emakin sadar untuk menjaga kesehatan saraf dan mulai melakukan pencegahan sedini mungkin,” katanya.

Neuropati adalah kondisi ganguan dan kerusakan saraf yang dapat disebabkan oleh trauma pada saraf, efek samping dari suatu penyakit sistemik atau karena kekurangan vitamin B1, B6, dan B12.

Gejala-gejalanya rasa nyeri seperti kesemutaan, rasa baal, mati rasa, kaku otot, kehilangan kontrol kandung kencing, kulit hiperensitif, rambut roktok di area tertentu, kelemahan anggota gerak, bahkan penyusutan masa otot.

Edukasi pencegahan neuropati yang dilakukan dalam rangkaian acara Pekan Neuropati 2016 antara lain edukasi menenai penyebab, gejala dan pencegahan neuropati di berbagai wilayah di DKI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro