Grup Musik Debu. /wikipedia
Musik

Debu Akan Rilis Album Terbarunya di Pesantren Tertua Jawa Tengah

Fatkhul Maskur
Rabu, 25 Mei 2016 - 05:20
Bagikan

Bisnis.com, KEBUMEN - Grup musik sufi Debu akan menggelar kongser yang sekaligus menutup acara pentas seni dari 13 negara dalam acara Alkahfi Intercultural Fair (AIF) di Kebumen, Jawa Tengah pada Minggu (29/5/2016).

Grup musik yang personilnya terdiri dari sejumlah negara seperti Amerika, Swedia, Inggris dan Indonesia ini, di pesantren tertua Jawa Tengah yang kini usianya genap 564 tahun ini, juga sekaligus akan launching album terbarunya.

"Musik yang kaya nuansa dengan dentaman rebana pada paduan alunan irama ala Timur Tengah, country, bahkan jazz dan world musik dari Debu akan memeriahkan di malam penutupan AIF," kata Ustad Sobirin, ketua Dewan Pengurus Pesantren Alkahfi Somalangu di Kebumen, dalam siaran persnya Selasa (24/5/2016).

Musik sufi Debu dengan alat musiknya yang sarat pluralitas dari berbagai negara, seperti santur dari Iran, tambura dari Turki, gendok-gendok dari Sulawesi Selatan digabungkan dengan harmonis bersama harpa, biola, bass dan berbagai jenis perkusi, akan memberikan spirit ajang AIF ini

Menurut Sobirin, penampilan kelompok musik sufi yang lahir di Amerika Serikat yang mengusung aliran sufi ini dinilai sarat relijius humanis, sehingga menurutnya sesuai dengan acara AIF yang menampilkan 13 seni budaya dari 13 negara. Dikatakan, dalam acara yang dihadiri sedikitnya 30 ribu penonton ini diharapkan memberi spirit pada tema kegiatan yang diangkat, "From Pesantren to the World."

"Nilai-nilai keindahan pesantren selama ini baru dirasakan di Indonesia. Sehingga sudah saatnya menginternasionalisasi pesantren," tambahnya.

Dalam acara AIF di pesantren yang berdiri sejak 25 Sya’ban 879 hijriah ini, dimulai minggu pagi, 29 Mei 2016, dengan menampilkan sajian seni budaya dari 13 negara, di antaranya dari Spanyol dengan penampilan Flamenco, Turki dengan penampilan dansa Sufi, Italia dengan penampilan Tarantella, Inggris dengan seni dansa Morris, serta dari Negara China, Afganistan, Vietnam, dan Palestina.

Kemudian sore harinya diikuti diskusi terbuka yang diisi oleh Gus Wahyu NH Aly (Ketua Umum Kiai Muda Indonesia), Hariqo Wibawa Satria (Koordinator Relawan Komunitas Peduli ASEAN), M. Fatkhul Maskur (Hubungan Internasional PP GP Ansor).

Malam harinya pemberian Award untuk sejumlah tokoh yang diikuti penampilan grup musik bimbingan Syekh Fattaah, Debu.

“Harapannya, santri dengan masyarakat Internasional bisa saling mengenal, saling mencintai dan saling mengisi,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro