Ilustrasi/Themetrader
Relationship

Ingin Belanja Online Anda Aman, Perhatikan Tips Berikut Ini

Juli Etha Ramaida Manalu
Kamis, 26 Mei 2016 - 10:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Aktivitas belanja online menjadi hal yang umum di tengah semakin majunya teknologi. Dengan belanja online, orang-orang tidak perlu harus berlelah-lelah mencari barang di mall atau pusat perbelanjaan.

Cukup dengan ponsel pintar dan koneksi internet yang cukup maka semua barang belanjaan ada di ujung jari anda. Anda hanya perlu masuk ke situs perbelanjaan online, memilih barang yang  cocok, dan barang yang diincar akan segera berada di tangan anda.

Penggunaan kartu kredit dan debit juga mempermudah aktivitas belanja online.

Namun, para pencinta belanja online seringkali khawatir dengan keamanan aktivitas yang satu ini. Ada banyak hal yang mengintai seperti pencurian identitas hingga pembobolan kartu kredit.

Untuk itu, anda perlu memastikan bahwa aktivitas belanja online yang anda lakukan aman. Berikut tips belanja online yang aman dari Opera:

1. Update terus operating system, browser dan aplikasi anda

Tanpa disadari melakukan pembaruan (update) sebetulnya sangat penting untuk menjaga perangkat dan juga transaksi online yang Anda lakukan. Setiap rilis baru biasanya membawa perbaikan tambahan untuk setiap celah keamanan.

Sebagian besar sistem operasi desktop memang akan diperbaharui secara otomatis, tetapi tidak ada salahnya memastikannya sendiri. Sedangkan untuk aplikasi, biasanya app store akan segera mengirimkan pemberitahuan ketika ada pembaruan tersedia.

2. Kenali toko online tempat berbelanja

Kita pasti sudah pernah mendengar berbagai penipuan di dunia online.  Phishing atau tindakan memperoleh informasi pribadi seperti user ID, sandi, dan data-data sensitif lainnya dengan menyamar sebagai orang atau organisasi yang berwenang melalui sebuah email semakin meningkat di era belanja online. Oleh karena itu beberapa hal berikut ini setiap anda hendak belanja di website favorit:

  • Pastikan nama web tertulis dengan benar pada address bar
  • Carilah ulasan pelanggan lainnya mengenai toko online tersebut di situs milik pihak ketiga.
  • Selalu cek kembali alamat dan rincian kontak milik toko online tersebut memang benar ada.
  • Pastikan situs tersebut menggunakan fitur verifikasi 3DS untuk semua pemesanan dengan menggunakan kartu kredit. Fitur ini memungkinkan verifikasi dua tahap di mana anda harus memverifikasi transaksi online dengan mengirimkan kode keamanan  ke nomer pribadi Anda.

3. Pastikan koneksi aman

Di sudut kiri atas, selalu periksa apakah ada ikon gembok terkunci berwarna hijau di bidang alamat browser. Tanda ini menunjukkan bahwa sebuah situ memenuhi standar kemanan yang ketat untuk melindungi data-data Anda.

Pernah dengar berbagai kasus penipuan yang menyebabkan pengguna kehilangan sejumlah uang dari kartu kreditnya akibat belanja online? Tentunya Anda tidak mau mengalami hal yang sama. Jika Anda menggunakan browser Opera, perlindungan malware  dan penipuan akan secara otomatis memberi peringatan jika sebuah situs dianggap berbahaya.

4. Jaga selalu informasi pribadi Anda

Jangan pernah berbagi informasi sensitif seperti sandi atau nomor PIN kepada orang lain. Periksa syarat dan kondisi dari situs belanja online untuk mengetahui kebijakan apa yang mereka tetapkan sehubungan dengan data-data pribadi Anda.

Selalu berpikir dua kali sebelum Anda  berbagi alamat email, nomor telepon ataupun alamat surat. Teliti kembali situs tersebut untuk melihat apakah situs tersebut memiliki tujuan tertentu untuk memakai data-data pribadi Anda.

5. Gunakan layanan VPN untuk menjaga agar data pribadi Anda aman

Cara terbaik untuk menjaga data pribadi Anda adalah dengan menggunakan solusi VPN yang gratis dan sudah terintegrasi dengan browser seperti yang bisa ditemukan di browser Opera untuk komputer.

VPN [virtual private network/ jaringan pribadi virtual] membuat koneksi anda terenkripsi antara komputer anda dan situs yang dikunjungi.  Jika Anda menggunakan iOS, Anda juga bisa mencoba aplikasi VPN gratis dan tak terbatas dari Opera yakni Opera VPN Anda dapat menggunakannya untuk menjaga jaringan Wi-Fi, untuk mengubah alamat IP, atau untuk bekerja jarak jauh dalam jaringan perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro