Ilustrasi-Busana muslim/Jibiphoto
Fashion

Muffest, Festival Busana Muslim Terbesar Digelar di Jakarta

Reni Efita
Jumat, 27 Mei 2016 - 22:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA –  Acara Muslim Fashion Festival (Muffest) terbesar yang mendorong  Indonesia sebagai pusat mode busana muslim dunia  berlangsung di Parkir Selatan, Istora Senayan, 25-29 Mei 2016.

Pelaksanaan pameran dagang menghadirkan lebih dari 250 label busana muslim  yang memperkuat konsep ritel atau B2C (Business to Customer) sekaligus mengarah pada B2B (Business to Business) dengan mendatangkan buyer lokal dan internasional.

Sementara fashion show memperagakan banyak label di antaranya Ria Miranda, Jenahara, Irna Mutiara, Restu Anggraini, Hannie Hananto, Itang Yunasz, Deden Siswanto, Ali Charisma, Sofie, Nuniek Mawardi, Monika Jufry, Najua Yanti, Norma Hauri, Ina Priyono, Khanaan Samlan, Oka Diputra, Dwi Iskandar, Eridani, dan NurZahra.  Serta menghadirkan rancangan desainer perwakilan Malaysia Fashion Week.

Muffest Indonesia, kata Ali Charisma, Chairman Indonesia Fashion Chamber yang juga penyelenggara Muffest, bukan sekadar fashion event, melainkan sebagai fashion movement yang mensosialisasikan kebanggaan terhadap produk buatan lokal serta meningkatkan kepedulian sosial dan lingkungan hidup dengan melibatkan sinergi seluruh stakeholder, mulai dari pemerintah, kreator dan pelaku bisnis dari kalangan desainer, perajin, UKM/IKM, garmen, tekstil, asosiasi, dan akademisi.

Menunjang kegiatan fashion show dan exhibition, Muffest Indonesia 2016 mengadakan berbagai seminar/talkshow dan workshop, antara lain Seminar Indonesia Trend Forecasting 2017/2018 dengan tema “Grey Zone”. Selain itu, dilengkapi pula dengan rangkaian kegiatan seperti competition, community gathering, trend installation, bahkan Kuliner Halal dari Ikatan Pengusaha Muslim Indonesia (Ipemi).

Penyelenggaraan Muffest Indonesia 2016 didukung instansi pemerintah yang berkomitmen memberdayakan industri fashion muslim di Tanah Air. Yakni Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian yang mengarahkan sektor busana muslim sebagai komoditi pertumbuhan ekonomi. Kementerian Perdagangan yang berupaya mengangkat produk busana muslim agar siap ekspor dan mempersiapkan jalur distribusinya.

Kementerian Pariwisata yang menggaungkan Indonesia sebagai destinasi wisata belanja busana muslim di kancah dunia. Kementerian Perindustrian yang menerapkan program sosialisasi standarisasi ukuran busana dan mempersiapkan sistem industri hijau. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang fokus pada pemberdayaan komunitas dan kelompok kerja kreatif melalui wadah koperasi dan program penguatan permodalan. Dan Badan Ekonomi Kreatif yang mendorong strategi kampanye Indonesia sebagai sentra mode muslim dunia.

Pelaksanaan Muffest Indonesia diharapkan dapat meningkatkan kompetensi fashion muslim Indonesia agar diterima pasar lokal secara luas, sehingga mempermudah langkah untuk ekspansi ke pasar global dan mengantarkan Indonesia menjadi pusat mode busana muslim dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro