Kegiatan produksi di salah satu pabrik rokok/Ilustrasi
Health

Sejelek-jeleknya Rokok Ternyata Ada Manfaatnya Juga, Simak Baik-baik!

Newswire
Jumat, 27 Mei 2016 - 11:54
Bagikan

Kabar24.com, JAKARTA - Rokok tak selalu negatif. Ternyata ada beberapa keuntungan dalam kesehatan jika merokok. Berikut lima manfaat yang bisa didapat dari merokok.


1. Turunkan Risiko Operasi Sendi Lutut
Hasil mengejutkan dari studi dari University of Adelaide, Australia, mengungkapkan bahwa pria yang merokok memiliki risiko lebih kecil operasi penggantian sendi lutut dibandingkan mereka yang tidak pernah merokok.

2. Jauh dari Parkinson
Sejumlah penelitian telah mengidentifikasi hubungan luar biasa antara merokok dan penyakit Parkinson. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Neurology, para peneliti menemukan efek perlindungan terhadap daya tahan tubuh berkurang setelah berhenti merokok. Inilah penyebab utama munculya parkinson.

3. Obesitas Berkurang
Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Physiology & Behavior menyebutkan bahwa berat badan akan terus bertambah setelah berhenti merokok. Nikotin merupakan stimulan dan penekan nafsu makan.

4. Turunkan Risiko Kematian Akibat Serangan Jantung
Dibandingkan dengan non-perokok, perokok yang mengalami serangan jantung tampaknya memiliki tingkat kematian yang lebih rendah. Perokok juga memiliki respons positif untuk dua jenis terapi guna menghilangkan plak di paru-paru dari arteri mereka: terapi fibrinolitik, yang pada dasarnya adalah obat; dan angioplasty, yang menghilangkan plak dengan memasukkan balon atau stent ke dalam arteri.

5. Obat Jantung Clopidogrel Bekerja Lebih Baik
Clopidogrel adalah obat yang digunakan untuk menghambat penggumpalan darah untuk pasien yang menderita penyakit arteri koroner dan penyakit peredaran darah lainnya yang mengarah ke stroke dan serangan jantung. Merokok membantu clopidogrel melakukan pekerjaan yang lebih baik.

Sebuah studi oleh para peneliti Korea di jurnal Thrombosis Research dan oleh para peneliti Harvard University menunjukkan manfaat dari merokok sedikitnya 10 batang rokok sehari. Tampaknya sesuatu dalam asap rokok mengaktifkan protein tertentu yang disebut sitokrom, yang mengkonversi clopidogrel menjadi sesuatu yang lebih aktif.

Meskipun ada sejumlah manfaat dari kegiatan merokok, anehnya tidak ada satu pun dokter di muka bumi ini yang menyarankan seseorang untuk merokok guna meningkatkan kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : tempo.co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro