Ilustrasi/ Istimewa-BIM
Health

Luangkan Satu Jam Bersama Anak Dapat Tingkatkan Kebahagiaan Keluarga

Reni Efita
Sabtu, 28 Mei 2016 - 18:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Satu survei menyimpulkan bahwa menghabiskan waktu satu jam saja bersama anak dapat meningkatkan kebahagiaan ibu dan ayah secara signifikan bahkan sampai dua minggu ke depan.

Hasil survei itu disampaikan oleh Brand Manager Lactogrow Gusti Kattani Maulani pada acara Happy Date with Legendaddy, Happy Winter Land di Mal Kelapa Gading, Sabtu (28/5/2016).

“Data yang didapat dari 300 pengunjung yang hadir di Happy Winter Land  Jakarta, Surabaya, dan Makassar menunjukan bahwa para keluarga yang telah menghabiskan waktu bersama dalam kegiatan tersebut merasa bahwa hubungan mereka dengan sang anak menjadi lebih kuat, kompak dan harmonis,” kata Gusti.

Hasil survei juga mengungkapkan bahwa ibu masih menduduki urutan teratas untuk perannya dalam pengasuhan anak, sementara ayah menempati urutan keempat setelah nenek atau kakek dan anggota keluarga lain, mau pun guru.

 Psikolog Rini Hildayani mengatakan di dalam keluarga ayah cenderung memiliki waktu bersama anak yang lebih terbatas dibandingkan ibu. “Peran pengasuhan anak seperti memandikan, menidurkan, menyuapi dan menemani bermain lebih banyak dilakukan oleh ibu atau pihak lain. Padahal, setelah diberikan kesempatan untuk bermain bersama anak, peran ayah, khususnya di Jakarta, menunjukkan peningkatan kebahagiaan yang lebih tinggi dibandingkan ibu. Para ayah merasa hubungannya dengan anak menjadi lebih hangat, serta lebih merasakan kasih sayang dari sang anak,” kata Rini.

Untuk meningkatkan hubungan anak dan ayah serta ibu, Nestle Lactogrow mengadakan kegiatan rutin tahunan Happy Date with Legendaddy dengan tema yang berbeda-beda. Pada tahun ini, Lactogrow mengangkat tema Happy Winter Land, taman di musim dingin yang dilengkapi dengan  es dan salju di Mal Kelapa Gading yang berlangsung 28-29 Mei 2016. Anak-anak bersama orang tua bermain bersama membentuk berbagai benda dengan mengunakan media es.

Bagaimana dengan peran ibu yang bekerja? Di perkotaan banyak ibu yang bekerja, sehingga waktu dengan buah hati sangat terbatas. Dengan keterbatas waktu itu, kata Rini, sang ibu harus menyediakan waktu yang berkualitas setiap pagi sebelum berangkat  dan waktu setelah pulang bekerja. Secapek apa pun ibu pulang bekerja, katanya, perlu menyediakan waktu bersama anak  untuk melakukan sesuatu secara bersama-sama. Misalnya, menggambar atau mewarnai. Ibu juga ikut menggambar atau mewarnai, sehingga muncul kebahagiaan untuk kedua bela pihak.

“Penting bagi ayah dan ibu untuk saling bekerja sama dalam memperbanyak interaksi dengan anak yang melibatkan kemonikasi serta sentuhan fisik,” katanya.

Bila anak melakukan sesuatu yang baik, orang tua bisa menunjukkan apresiasi melalui pujian dan belaian. Atau ketika berbeda pendapat dengan anak, maka ayah dan ibu dapat berkomunikasi dan memberikan penjelasan supaya anak dapat memahami dan menerima alasan dibalik sikap ayah dan ibu.

 Sementara itu, pakar gizi medik dari Fakultas Kedokteran UI DR. Dr. Septawati Bardosono mengatakan agar kebahagiaan keluarga selalu terjaga, ayah dan ibu juga harus memperhatikan kebutuhan fisik anak. Pemberian bakteri baik (probiotik) tambahan seperti Lactobacillus reuteri merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan  anak ehingga mereka dapat terus tumbuh dan berkembang dengan sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro