David Bowie/Reuters
Entertainment

Seniman Bosnia Kenang David Bowie dengan Lukisan Dinding

Newswire
Minggu, 29 Mei 2016 - 11:53
Bagikan

Bisnis.com, SARAJEVO - Sekelompok seniman membuka selubung lukisan dinding (mural) bergambar David Bowie di Sarajevo, Sabtu (28/5/2016) waktu setempat, untuk mengenang karya kemanusiaan penyanyi Inggris itu dalam perang Bosnia.

Suara Bowie dalam lagu "Space Oddity" berkumandang di antara lebih dari 300 orang yang menghadiri peresmian lukisan dinding tersebut yang disertai tulisan "mode berubah, tetapi kamu tetap pahlawanku".

Mural setinggi 13 meter dan lebar 10,5 meter itu dilukis di dinding kampus, tidak jauh dari jalan yang dulu dikenal sebagai "lorong penembak runduk" dan dimaksudkan menjadi lambang perubahan Bosnia sejak perang 1992-1995 berakhir.

Skets lukisan dikerjakan oleh ilustrator komik Marvel, Enis Cisic dan diubah menjadi lukisan dinding oleh pelukis Zoran Herceg, yang memerlukan waktu satu bulan setengah untuk menyelesaikannya.

Rencana untuk mengabadikan David Bowie yang meninggal akibat kanker dalam usia 69 tahun pada 10 Januari 2010, pertamakali diusulkan oleh musisi Vedad Trbonja.

Proyek tersebut didukung oleh ribuan warga Bosnia yang banyak mengunggah foto-foto bergaya seperti Bowie di media sosial, termasuk juga rekan kerja Bowie.

Bowie tergerang melihat penderitaan warga Bosnia dan menggunakan ketenarannya untuk membangkitkan kesadaran mengenai perang dan menggalang dana kemanusiaan, meskipun ia sendiri tidak mengunjungi Sarajevo.

"Ini adalah cara untuk menghargai Bowie sebagai seniman dan sosok kemanusiaan dan mengabadikannya di kota yang belum sempat menyambutnya," kata Adnan Comor, juru bicara kelompok yang menangani proyek untuk tim Sarajevo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro