Jean-Louis Haguenauer. /Jean-Louis Haguenauer
Musik

IFI Gelar Konser Musik Klasik Pianis Prancis

Atiqa Hanum
Senin, 30 Mei 2016 - 21:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Dalam rangkaian Festival Printemps Français 2016, Institut Prancis di Indonesia (IFI) bekerja sama dengan Ananda Sukarlan Center (ASC) menggelar konser musik klasik pianis Prancis Jean-Louis Haguenauer, Minggu (5/6/2016) di Soehanna Hall Jakarta.

Di Indonesia, Haguenauer akan memainkan komposisi yang sepenuhnya dibuat oleh pianis Prancis, Claude Debussy. Sebelumnya Haguenauer telah tampil di Bandung (28 Mei 2016) sedangkan di hari ini tampil di Surabaya dan Medan, Rabu (1/6/2016)

“Di mata saya, Debussy merupakan maestro komposer Prancis sepanjang masa. Ia sangat terinspirasi pada musik-musik Timur Jauh [Asia], terutama gamelan Jawa yang ia dengar pertama kali di Paris pada pameran internasional tahun 1889 dan 1990,” ungkapnya dalam siaran pers, Senin (30/5/2016).

Pria lulusan dari sekolah musik bergengsi Ecole Normale de Musique di Paris (1973) ini juga menjadi lulusan terbaik dengan gelar Premier Prix de Virtuosité avec Disctinction dari Konservatorium Genewa pada 1977.

Di samping pendidikan formal tersebut, dia juga belajar komposisi dan analisis musik bersama Nadia Boulanger, komposer dan konduktor perempuan pertama yang pernah memimpin orkestra ternama di Amerika dan Eropa, seperti BBC Symphony, Boston Symphony, Hallée dan New York Philharmonic.

Haguenauer turut berperan dalam pendidikan musik para komposer, solois dan konduktor internasional seperti Quincy Jones; legendaris jazz peraih 27 Grammys, termasuk Grammy Legend Award (1991), produser album Thriller (yang terjual 110 juta kopi di seluruh dunia) serta produser dan konduktor dari lagu amal “We Are the World” dan Aaron Copland; komposer opera, balet serta score film-film legendaris Hollywood, seperti Of Mice and Men (1939), The North Star (1943) dan The Heiress (1949).

Pada Sabtu (4/6/2016), Institut Francais Indonesia bekerja sama dengan Ananda Sukarlan Center akan mengadakan Masterclass Piano di Jakarta bersama Jean-Louis Haguenauer tentang karya-karya Debussy.

Dalam Masterclass ini, 8 pianis muda Indonesia dari berbagai daerah seperti Makassar, Surabaya, Malang dan lainnya akan berbagi pengalaman dengan Jean-Louis Haguenauer dalam memainkan karya-karya Debussy.

Di sini para partisipan berkesempatan berlatih dengan piano Bluethner, yang merupakan merek piano yang sama yang digunakan Debussy di masanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Atiqa Hanum
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro