Ilustrasi/Surepayroll
Referensi

PUSPA 2016: Peserta Kunjungi 10 Lokasi Swadaya

Reni Efita
Selasa, 31 Mei 2016 - 22:10
Bagikan

Bisnis.com, YOGYAKARTA -- Peserta Temu Nasional Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (Puspa) 2016 Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak , (KPPA) mengunjungi 10 lokasi swadaya masyarakat yang bergerak di bidang pemberdayaan perempuan, perlindungan perempuan dan anak, Selasa (30/5/2016).

Peserta yang berjumlah sekitar 400 orang itu berasal dari KPPPA, unit pemberdayaan perempuan tingkat provinsi selurih Indonesia, lembaga masyarakat, organisasi keagamaan, organisasi profesi, akademisi/lembaga riset, dunia usaha dan media.

Para peserta berkunjung melihat praktik-praktik cerdas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di sekitar Yogyakarta. Peserta bebas memilih satu dari 10 lokasi yang menjadi objek kunjungan peserta. Inilah 10 lokasi yang dikunjungi oleh peserta itu.

  1. Rifka Annisa (Taman Perempuan) adalah organisasi non pemerintah yang berkomitmen pada penghapusan kekerasan terhadap perempuan.
  2. Rekso Dyah Utami yang merupakan pusat pelayanan terpadu perempuan dan anak korban kekerasan dengan memfasilitasi pelayanan pengaduan, rehabilitasi kesehatan, rehabilitasi sosial, bantuan hukum, pemulangan dan reintegrasi sosial.
  3. Yayasan Sentra Advokasi Perempuan Difabel dan Anak bertujuan untuk menxiptakan inklusifitas aspek kehidupan sosial yang menjadi hak dasar perempuan difabel.
  4. Desa Wukirsari. Lembaga sosial Yayasan Sekretariat Anak Merdeka Indonesia bekerja pada isu tentang hak-hak anak.
  5. Pusat Studi Wanita (PSW), Universitas Gajah Mada sebagai institusi di bawah naungan UGM turut berperan aktif menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  6. Desa Prima merupakan komplek yang berlatarbelakang kemampuanekonomi rendah.Desa Prima melakukan program pemberdayaan ekonomi khususnya bagi perempuan.
  7. Desa Sukunan telah merintis sebagai kampung wisata lingkungan sejak 2003 dan resmi menjadi kampung wisata lingkungan sejak 2009.
  8. Rumah Sakit Panti Rapih merupakan salah satu rumah sakit yang memberikan pelayanan khusus kepada korban kekerasan dan deteksi dini terhadap korban kekerasan.
  9. Komunitas Sedekah Ilmu menciptakan insan yang cerdas, terampil, berjiwa entrepreneur, dan iklas berbagi ilmu, menjadikan insan yang mampu menciptakan lapangan kerja, meningkatkan taraf hidup masyarakat dan mengurangi pengangguran.
  10. Jogja Digital Valley merupakan binaan Telkom Yogyakarta untuk pembangunan jaringan komunikasi hingga ke pelosok, pendampingan wirausaha online, permodalan.

Proses kunjungan tersebut diharaokan menjadi ajang saling belajar dan memperkaya wawasan baik bagi tuan rumah maupun peserta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro