Ilustrasi/Zaoyangnews
Fashion

Mau Bisnis Fashion? Ini Yang Harus Disiapkan

Dika Irawan
Sabtu, 4 Juni 2016 - 09:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Persiapan yang matang soal pemasaran hingga selera pasar menjadi sarat utama yang harus dipenuhi sebelum memulai bisnis fashion.  

Frans M. Royan, konsultan bisnis Groedu Business Consultant & Trainer mengatakan untuk pemasaran produk dapat ditempuh melalui cara online dan offline yakni melalui gerai-gerai. Jika pemasaran menggunakan gerai maka perlu disiapkan modal tiga kali omzet yang dikehendaki. Modal tersebut diperlukan untuk keperluan sewa dan perawatan gerai.

"Sedang pemasaran melalui online cukup dengan modal sekali omzet. Umumnya on line dijual secara tunai/transfer terlebih dahulu," ujarnya, Jumat (3/6/2016).

Setelah menentukan cara pemasaran, selanjutnya yang perlu dipikirkan adalah pemilihan merek produk fashion. Sebab merek produk berkaitan dengan target pasar yang dituju entah itu kelas menengah, bawah, atau atas.

"Merek seringkali dilekatkan dengan target market yang akan dibidik. Oleh sebab itu pebisnis fashion akan memiliki beberapa merek untuk memenuhi kebutuhan segmen pasar yang berbeda," ujarnya.

Bila bisnis fashion sudah berdiri, tugas selanjutnya yakni memperkuat gerai-gerai atau online sebagai ujung tombak pemasaran. Atau pemilik usaha bisa mengkombinasikan keduanya untuk memasarkan busana-busana. Namun untuk saat ini cara online menjadi alternatif pemasaran karena mudah menjangkau konsumen.

"Bisa juga bekerja sama dengan gerai-gerai orang lain dan menggunakan web site on line milik sendiri," ujarnya.

Di samping pemasaran, inovasi menjadi keharusan agar bisnis fashion terus langgeng. Dengan inovasi-inovasi busana terbaru semakin menunjukan eksistensi bisnis di tengah persaingan industri fashion.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro