Belanja online/Ilustrasi
Fashion

Tips Aman Melakukan Donasi Online

Juli Etha Ramaida Manalu
Senin, 13 Juni 2016 - 14:59
Bagikan

Bisnis.com,JAKARTA — Melakukan donasi sudah bukan lagi hal yang dianggap asing di tengah-tengah masyarakat.Donasi sendiri bisa dilakukan dengan berbagai macam cara baik secara konvensional, transfer dan bahkan online.

Seperti diberitahukan oleh MasterCard, Saat ini donasi melalui online tengah meningkat, terutama pada saat perayaan tertentu (festive season), di mana kegiatan amal beralih melalui internet guna meningkatkan jangkauannya.

Namun, apakah anda yakin bahwa donasi online yang anda lakukan aman? Kekhawatiran akan keamanan berdonasi secara online disebutkan dapat berdampak pada jumlah nilai donasi yang dapat dikumpulkan.

Bagaimanapun, akan lebih mudah untuk melacak kemana uang Anda disalurkan – dan untuk apa uang tersebut akan dipergunakan– jika melakukan donasi melalui sebuah situs-situs resmi dibandingkan dengan melakukannya secara tunai.

Berikut enam tips yang akan membantu anda memastikan donasi anda disalurkan dengan aman ke organisasi sosial pilihan Anda seperti disarankan oleh MasterCard:

1. Jangan melakukan donasi kepada lembaga-lembaga yang tidak Anda kenal atau cari informasi mengenai lembaga yang akan anda bantu terlebih dahulu.

2. Berhati-hati terhadap e-mail yang dikirimkan oleh sebuah organisasi sosial dan jangan pernah masuk ke dalam sebuah situs amal melalui hyperlink yang diberikan di dalam e-mail. Jika curiga, maka lakukan penelitian terhadap organisasi tersebut secara online. Jika anda menerima e-mail dari organisasi yang menurut anda palsu atau tidak nyata, segera laporkan organisasi tersebut kepada pihak berwenang.

3. Sebelum berdonasi, selalu pastikan bahwa situs tersebut aman dengan mencari ikon gembok hijau (green padlock) di web browser Anda. Ikon tersebut akan muncul di bar URL browser Anda, dan ikon tersebut hanya muncul di situs-situs yang memang aman.

4. Apabila Anda khawatir mengenai autentikasi pembayaran di sebuah situs, maka carilah sertifikat verifikasinya di halaman tersebut. Contohnya termasuk MasterCard SecureCode, Verified by Visa, dan American Express SafeKey.

5.Hindari melakukan donasi melalui perusahaan pengiriman uang atau secara langsung melakukan transfer ke sebuah bank dari sebuah organisasi sosial yang belum anda kenal karena metode ini kemungkinan tidak memberi anda perlindungan yang semestinya (liability protection) jika terjadi penipuan transaksi.

6.Jika anda merasa curiga setelah memberikan donasi, segera hubungi bank anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro