Kulit pipi bebas jerawat/Istimewa
Health

Puasa Bikin Jerawat Hilang, Begini Caranya

JIBI
Selasa, 14 Juni 2016 - 14:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Anda memiliki masalah dengan jerawat yang meradang? Cobalah rajin berpuasa. Pada dasarnya, berpuasa merupakan cara detoksifikasi alami yang dilakukan tubuh.

Dalam keadaan berpuasa maka banyak hormon pertumbuhan yang ikut berkembang dan tumbuh untuk mengganti sel-sel atau hormon yang sudah lama.

Menurut Kartika, dokter spesialis kulit dan kelamin  dari Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, berpuasa memang membuat kualitas kulit menjadi lebih baik dan kenyal.

"Puasa itu kan detox buat tubuh kita juga, mengurangi yang tidak baik di dalam tubuh, dan mempercepat regenerasi sel. Jadi kalau ada yang bilang dengan puasa kulit kita dehidrasi jadi kering keriput atau kusam itu salah, karena tubuh kita tidak akan langsung mengalami dehidrasi ke kulit, yang mempengaruhi keadaan kulit adalah cuaca yang langsung terpapar pada diri kita" ujar Kartika, Senin (13/6/2016).

Dijelaskan, bahwa jerawat timbul disebabkan beberapa faktor seperti makanan. Bukan hanya lemak, yang ternyata berpengaruh pada timbulnya jerawat, melainkan kadar glukosa tinggi yang dikonsumsi menjadi salah satu faktor tertinggi penyebab timbulnya jerawat.

Kartika mengatakan, dengan berpuasa kita akan mengurangi beberapa kebiasaan seperti mengonsumsi makanan atau manis berlebih, dan biasanya memilih makanan yang sehat, sehingga pada saat berpuasa peradangan jerawat bisa teratasi.

"Dengan puasa kita kan diajari menahan diri, makan sembarangan, jadi lebih terjaga. Untuk itu saya sarankan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dalam kemasan dan juga minuman dalam kemas yang memiliki kadar glukosa atau gula tinggi. Lebih baik mengonsumsi buah dan sayur seimbang agar peradangan jerawat bisa lebih ringan" ujar Kartika.

Pada saat puasa beberapa masalah muncul seperti kulit kering dan kusam bukanlah salah satu dampak tubuh mengalami dehidrasi, hal tersebut terjadi karena cuaca yang memang tidak menentu dan juga intensitas cahaya matahari yang langsung terpapar kulit. Pada umumnya saat berpuasa kulit kita menarik air dari lingkugan bukan hanya air yang dikonsumsi, seperti saat berwudhu, kulit akan menyerap air untuk melembapkan. Maka dari itu, ia juga menyarankan agar menggunakan pelembab kulit untuk menjaga kelembaban dan kekenyalannya.

"Beberapa kali puasa yang saya rasakan selalu berbarengan dengan musim panas atau pancaroba, sebenarnya itu yang menjadi masalah kulit, bukan dehidrasi. Maka sebaiknya penggunaan pelembab yang teratur sangat dianjurkan agar kulit tidak kering, pecah dan kusam juga mengkonsumsi makanan yang cukup, cukup protein cukup gula tanpa berlebihan" ujar Kartika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro