Bipolar/wikipedia
Health

Penderita Bipolar Rentan Bunuh Diri

Rezza Aji Pratama
Rabu, 22 Juni 2016 - 17:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Penderita gangguan bipolar memiliki risiko tinggi untuk melakukan bunuh diri jika mereka tidak mendapatkan pengobatan yang akurat.

Margarita M. Maramis, Ketua seksi bipolar dan gangguan mood lainnya di Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia, mengatakan bipolar merupakan salah satu masalah kejiwaan yang ditandai dengan perubahan suasana hati secara fluktuatif dan ekstrem. Ini disebabkan oleh banyak faktor mulai dari genetis, gangguan zat kimi atau neurotransmitter pada sel saraf, dan psikologis.
 
“Penanganan gangguan bipolar sedini mungkin sangat penting untuk dilakukan sehingga kasusnya tidak menjadi lebih rumit,” katanya, Rabu (22/6).
 
Jika seseorang teridentifikasi mengalami gangguan bipolar, Mrgarita menyarankan beberapa hal. Pertama, penderita harus menerima keadaan dan keterbatasan diri. Selanjutnya harus berkonsultasi dengan psikiater untuk mengonfirmasi gejala yang muncul. Langkah berikutnya adalah dengan melakukan pola hidup teratur seperti pengaturan pola tidur, pola makan, refreshing, olahraga dan relaksasi. Mengonsumsi obat juga dapat mensyabilkan mood secara teratur.
 
Dukungan kepada pasien juga sangat penting. Jika tidak ada dukungan, maka kepatuhan terhadap pengobatan akan berkurang. Hal ini menyebabkan gangguan bipolar bertambah parah. 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro