Wisata medis/travelinsuranceoffie.com
Health

Telemedicine Solusi Untuk Peningkatan Pelayanan Kesehatan di Daerah Terpencil

Reni Efita
Selasa, 28 Juni 2016 - 14:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA --.Kementerian Kesehatan  Indonesia sedang menyusun roadmap pemanfaatan teknologi telemedicine untuk peningkatan pelayanan  kesehatan berkualitas terutama di daerah-daerah terpencil yang maish minim infrastruktur kesehatannya, kata seorang pejabat.

 Pejabat itu,  dr Tri Hestu Widyastoeti Marotosoeko,  Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan, Kemenkes, mengatakan roadmap itu akan memetakan permasalahn  layanan kesehtan yang  ada disemua tingkatan untuk kemudian dicarikan solusi yang paling efektif dengan memanfaatkan pendekatan telemedicine. “Kedepannya telemedicine akan terus dikembangkan hingga dapat memperkuat sistem rujukan layanan kesehatan, tanpa mengurangi kualitas layanan tersebut,” katanya.

Sementara itu, Firmansyah Lubis, Direktur E-govermment Kementerian  Komunikasi dan Informatika mengatakan pemanfaatan telemedicine untuk pembangunan sistem pelayanna kesehatan  yang mapan sangat sesuai dengan rencana pemerintah dalam penerapan e-govermment. “Tugas kami dari  Kementerian Komunikasi dan Informatika adalah  menyediakan dukungan teknis berupa penyediaan infrastruktur, dimana salah satu prioritas pembangunan pitalebar Indonesia periode 2014-2019 adalahuntuk e-kesehatan,” katanya.

Selain itu, katanya, pihaknya juga mendukung pembuatan sistem yang  dapat  memadukan pengelolaan dokumen  informasi dan informasi elektronik demi pelayanan publik yang transparan, tepat sasaran dan berkualitas.

Menurut siaran persnya, berdasarkan pembelajaran selama tiga tahun dalam menjalankan program Pencerah Nusantara, Center for Indonesia’s Strategic Development Initiatives (CISDI) menyadari tantangan geografis masih menjadi kendala utama dalam upaya peningkatan akses dan kualitas layanan kesehatan masyarakat.

Konsekuensinya  adalah tingginya biaya transportasi untuk dapat mengakses fasilitas  pelayanan dan waktu yang lama untuk bisa mencapai fasilitas kesehatan mengakibatkan keterlambatan pertolongan yang dapat mengancam nyawa pasien, dan sulitnya bagi tenaga kesehatan lokal untuk mengikuti atau menerima update pengetahuan  yang dapat meningkatkan  kompetensi mereka.

Dari masalah tersebut, CISDI mulai mencari  solusi dengan memanfaatkan inovasi dalam mendukung terjadinya pembangunan kapasitas dengan metode jarak jauh, baik antar sesama Pencerah Nusantara, maupun antara tim Pencera Nusantara dan tim rujukan kesehatan di tingkat pusat untuk menjamin kualitas pelayanankesehatan terbaik dimana pun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro