Ilustrasi: Vaksin polio/Antara
Health

Vaksin Palsu: Kemendagri Perintahkan Pemda Sidak Seluruh Faskes

Lili Sunardi
Selasa, 28 Juni 2016 - 19:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri memerintahkan pemerintah daerah untuk melakukan inspeksi mendadak atau sidak ke seluruh fasilitas kesehatan yang ada di wilayahnya, untuk membatasi peredaran vaksin palsu.

Tjahjo Kumolo, Menteri Dalam Negeri, mengatakan pihaknya akan menyurati seluruh pemerintah daerah untuk segera melakukan sidak. Dengan begitu, diharapkan penyebaran vaksin palsu dapat segera diidentifikasi dan ditarik dari lapangan.

“Nantinya, kepala daerah bertugas untuk mengecek langsung ke fasilitas kesehatan, seperti Puskesmas, Posyandu, dan rumah sakit, dengan melibatkan dinas kesehatan setempat. Seluruh aparatur juga akan diarahkan untuk melakukan pengecekan,” ujarnya.

Tjahjo menuturkan kepala daerah juga harus mewanti-wanti petugas kesehatan di wilayahnya untuk membeli vaksin secara clear, dan tidak boleh menggunakan jasa pihak ketiga.

Menurutnya, Polri telah bertindak cukup baik dengan mengusut tuntas kasus vaksin palsu yang beredar sejak beberapa tahun belakangan.

Dia pun meminta pelaku pemalsuan vaksin untuk dihukum berat, karena kejahatan tersebut memiliki dampak yang mematikan bagi anak-anak. Pasalnya, vaksin palsu dibuat dengan campuran cairan yang tidak jelas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Lili Sunardi
Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro