Ilustrasi/Thegrindstone
Health

5 Alasan Mengapa Perempuan Lebih Emosional Dibanding Pria

Mia Chitra Dinisari
Senin, 18 Juli 2016 - 10:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Pria bertanya-tanya mengapa wanita bisa menjadi sangat emosional, terutama dibandingkan pria. Menangis tampaknya menjadi hal yang sangat alami bagi mereka. Tapi tidak semua wanita seperti itu, meskipun sebagian besar mengalaminya.

Pikiran kita telah dikondisikan untuk berpikir bahwa wanita emosional dan laki-laki tidak begitu emosional. Alasan di balik keyakinan ini memang banyak terdapat faktanya. Kimia otak dengan kondisi masa kanak-kanak, berperan dalam membentuk perilaku seseorang.

Dalam beberapa keluarga, wanita dibesarkan sedemikian rupa; dimana mereka diharapkan untuk memikirkan orang lain 'kesejahteraan pertama sebelum memperhatikan diri sendiri. Mereka diminta untuk melakukan semua pengorbanan. Ini umumnya akan membuat mereka lebih emosional dan rentan. Umumnya, wanita yang dibesarkan untuk lebih fokus pada kemajuan dan keberhasilan mereka cenderung kurang emosional dibandingkan dengan orang lain.

Berikut beberapa alasan mengapa perempuan lebih emosional:

Hormon
Dalam beberapa kasus, siklus bulanan bisa menjadi penyebab naik turunnya emosi. Hormon estrogen bisa menjadi alasan di balik fluktuasi emosional selama masa menstruasi

Tekanan sosial
Kadang-kadang, tekanan sosial juga dapat menjadi salah satu alasan di balik emosi yang tidak stabil. tekanan untuk menjadi sempurna sepanjang waktu di semua bidang adalah harapan yang tidak realistis dipaksakan pada perempuan. Dan tekanan ini kadang-kadang membuat ledakan emosi.

Trauma
Dalam beberapa kasus, trauma masa lalu bisa menjadi alasan di balik emosi. Meskipun Anda mungkin tidak menemukan alasan mengapa seorang wanita merasa sangat emosional tentang sesuatu yang cukup sederhana, mungkin ada kejadian masa lalu yang mungkin telah muncul kembali dalam benaknya.

Empati
Wanita secara alami empati. naluri merawat mereka juga bisa membuat mereka merasa emosional ketika seseorang membutuhkan bantuan.

Akseptabilitas
Kita semua tahu jika perempuan lebih mudah mengungkapkan perasaannya sendiri. Ini juga bisa menjadi alasan mengapa perempuan cenderung untuk menampilkan emosi mereka secara terbuka sedangkan laki-laki cenderung menyembunyikan air mata mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : boldsky.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro