Tim dokter Rumah Sakit Harapan Bunda menyampaikan keterangan kepada puluhan warga yang anaknya diduga menjadi korban vaksin palsu dari rumah sakit tersebut di Jakarta Timur, Jumat (15/7). /Antara
Health

VAKSIN PALSU: Saatnya Perbaiki Tata Kelola Produk Farmasi

Newswire
Senin, 18 Juli 2016 - 12:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, mengemukanya kasus peredaran vaksin palsu merupakan momentum untuk memperbaiki industri dan tata kelola distribusi produk farmasi di Tanah Air.

"Ini adalah sebuah momentum kita semuanya untuk memperbaiki tata kelola distribusi baik menyangkut industri farmasi, menyangkut industri, dan distribusi obat-obatan, termasuk di dalamnya vaksin," katanya saat meninjau vaksinasi ulang korban vaksin palsu di Puskesmas Ciracas, Jakarta Timur, Senin (18/7/2016).

Dikatakan, tata kelola industri dan distribusi farmasi harus dilakukan untuk menjamin masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik.

"Saya kira golnya ke sana. Sekali lagi ini adalah momentum, memerlukan kehati-hatian karena menyangkut anak-anak kita," katanya.

Presiden juga telah menginstruksikan jajarannya, termasuk Kepala Polri dan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri, untuk terus menelusuri jaringan dan pelaku terkait peredaran vaksin palsu.

Dia mengimbau masyarakat yang merasa dirugikan akibat peredaran vaksin palsu segera melapor ke posko-posko pengaduan yang tersedia.

"Silakan mendaftar, kalau belum terdaftar silakan mendaftar ke Puskesmas. Saya kira kan juga ada posko aduannya," kata Presiden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro