Tenaga medis dari Suku Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta memberikan vaksin Polio kepada balita korban vaksin palsu saat pelaksanaan vaksinasi ulang di Puskesmas Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Senin (18/7)./Antara
Health

VAKSIN PALSU: Lebih 1.000 Pasien Minta Vaksinasi Ulang di RSIA Mutiara Bunda

Newswire
Rabu, 27 Juli 2016 - 12:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rumah Sakit Ibu dan Anak Mutiara Bunda, Kota Tangerang, Banten, menerima 1.000 lebih pasien yang meminta vaksinasi ulang.

"Dari data posko yang kami buka sejak awal hingga kini, ada 1.000 lebih pendaftar yang mengajukan untuk dilakukan vaksinasi ulang," kata Perwakilan RSIA Mutiara Bunda Taufik Nugraha yang dihubungi di Tangerang, Rabu (27/7/2016).

Dikatakan, data pasien yang akan divaksinasi ulang tersebut telah diserahkan kepada Kementrian Kesehatan untuk kemudian diverifikasi ulang karena tidak semua pendaftar akan divaksin ulang.

Kementerian Kesehatan akan memberikan vaksin ulang kepada anak yang memang menggunakan vaksin palsu.

"Karena, ada juga pasien yang mengalami sakit lain tak berkaitan vaksin ulang namun ikut mendaftar. Maka itu, perlu dilakukan verifikasi. Namun, jika memang Kementerian Kesehatan memerintahkan semuanya harus divaksin ulang, kami akan laksanakan," ujarnya.

Jika data dari Kementerian Kesehatan sudah diverifikasi, pihak RSIA Mutiara Bunda akan menghubungi orang tua untuk menentukan jadwal vaksin.

 "Kami yang akan hubungi ketika datanya sudah ada," paparnya.

Sebelumnya, Balai POM menemukan penggunaan vaksin palsu di RSIA Mutiara Bunda untuk imunisasi diferi, pertusis dan tetanus (DPT) yang berfungsi melawan kuman atau bibit penyakit di dalam tubuh.

Pihak RSIA Mutiara Bunda mengklaim vaksin palsu tersebut dibeli dari perorangan pada 23 Juni 2016 karena ketersediaan di agen resmi sedang kosong.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro