Ilustrasi stroke iskemik/strokecenter.org
Health

Berikut Beberapa Makanan yang Bisa Mencegah Stroke

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 5 Agustus 2016 - 13:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Stroke mirip dengan serangan pada jantung yang menimpa otak manusia. Stroke disebabkan oleh tersumbatnya arteri (stroke iskemik) atau karena pecah pembuluh darah (stroke hemoragik).

Hampir 80 persen kasus terjadi karena stroke iskemik. Penyebabnya isa karena endapan lemak dan kolesterol tinggi yang menyebabkan penggumpalan di pembuluh darah, sedangkan yang kedua bisa disebabkan tekanan darah tinggi atau aneurisma otak yakni melemahnya atau penipisan dinding pembuluh darah.

Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) setiap tahun hampir 15 juta orang menderita stroke. Dekat dengan 6 juta die sementara 5 juta lainnya lumpuh permanen. Laporan ini juga menyatakan bahwa setelah demensia stroke adalah penyebab utama kecacatan. Dengan angka yang mengkhawatirkan seperti stroke telah menjadi penyebab keprihatinan dan panggilan dari kesadaran yang lebih besar.

Risiko stroke akan semakin besar jika dalam keluarga Anda ada yang menderita stroke, atau Anda kelebihan berat badan, merokok, minum berlebihan, menderita diabetes, memiliki masalah arteri koroner atau menderita tekanan darah tinggi.

Pria lebih mungkin untuk menderita stroke sementara wanita menderita stroke mematikan. Usia juga merupakan penyebab terbesar, dan umumnya menyerang mereka yang usianya di atas 65 tahun

Gejala stroke termasuk kehilangan atau penglihatan kabur pada satu atau kedua mata, kehilangan keseimbangan saat berjalan, mati rasa atau kelemahan pada wajah, tungkai atau salah satu sisi tubuh, sakit kepala tiba-tiba dan parah dan kesulitan dalam berbicara atau memahami apa yang dikatakan orang lain .

Salah satu cara untuk mengantisipasinya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah stroke

Konsumsi apel:
Penelitian telah mengungkapkan bahwa mengkonsumsi sebuah apel sehari akan membantu melindungi terhadap risiko stroke. Pir, yang termasuk ke dalam keluarga apel, juga pilihan yang baik.

Minum Kopi:
Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi kopi dalam jumlah sedang adalah cara yang baik untuk mencegah risiko stroke. Konsumsi disini berarti kurang dari 3-4 cangkir sehari.

Tomat:
Tomat mengandung zat khusus yang disebut lycopene dalam konsentrasi. Lycopene telah terbukti mengurangi risiko stroke dan karenanya mengkonsumsi tomat dan produk mengandung tomat dianjurkan untuk Anda

Cokelat
Meskipun cokelat susu juga bermanfaat untuk kesehatan, namun untuk mencegah stroke sebaiknay konsumsi dark chocolate

Ceri:
Ceri telah terbukti memberikan hasil yang bisa membantu mengurangi risiko stroke. Dalam studi yang dilakukan di laboratorium konsumsi cherry secara rutin memberikan hasil positif dalam kasus penyakit kardiovaskular dan pengendalian faktor yang menyebabkan stroke.

Air minum
Terlepas dari banyak manfaat dari mengkonsumsi pencegahan stroke air juga merupakan salah satu. kekurangan air dalam tubuh juga dapat menyebabkan penebalan darah dan meningkatkan risiko stroke. Tetap terhidrasi dan tetap aman.

Berhenti merokok
 Merokok dapat meningkatkan kemungkinan menderita stroke.

Kurangi asupan garam
Asupan garam yang tinggi berarti konsumsi peningkatan natrium yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi merupakan faktor yang mengarah ke stroke. Batasi asupan garam Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : boldsky.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro