Kulit pipi bebas jerawat/Istimewa
Health

Minyak Berikut Aman untuk Wajah Berjerawat

JIBI
Rabu, 10 Agustus 2016 - 12:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sudah cukup lama berurusan dengan jerawat?

Langkah terakhir yang Anda butuhkan adalah produk perawatan kulit yang bisa membuat jerawat Anda hilang tanpa bekas, atau minimal tidak meradang.

Perhatikan benar bahan-bahan apa yang harus dihindari. Kini, di setiap toko kecantikan terdapat deretan produk yang diklaim mampu menyingkirkan jerawat, termasuk dalam bentuk minyak.

“Jenis minyak yang aman untuk wajah berjerawat adalah minyak argan, minyak biji anggur, minyak lavender, dan minyak kelapa,” kata Joshua Zeichner M.D, Direktur Kosmetik dan Penelitian Klinis di Rumah Sakit Mount Sinai, Amerika Serikat.

Untuk produk pembersih, yang lembut seperti air Micellar, pembersih yang melembabkan, atau lotion pembersih bebas lemak tidak mampu menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

“Yang aman adalah pembersih dalam bentuk busa karena mampu membersihkan secara mendalam sehingga bisa menghilangkan minyak dan jerawat,” kata Zeichner.

Pelembap yang kaya krim, masker tebal, salep, lilin balsem, umumnya terasa berat sehingga tidak boleh menyentuh kulit yang berjerawat.

 “Formula yang lebih tebal akan meninggalkan residu yang hampir dijamin akan menyumbat pori-pori. Dan pada akhirnya menimbulkan jerawat,” kata Zeichner.

Anda bisa menggunakan pelembap yang bebas minyak. Carilah lotion ringan, gel, dan tekstur lainnya yang menyerap dengan cepat dan tidak meninggalkan kilap, serta nuansa licin pada kulit.

Sementara itu, banyak juga wanita yang tidak menyadari bahwa primer make up kaya akan silicon. Primer ini paling awal digunakan sebelum merias wajah. Hindari primer yang pada label memiliki kandungan berakhiran "-icone". Pilihlah basis make up yang bebas minyak dan silicon.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro