Ilustrasi Permainan VR Pokemon Go/pokemon.com
Fashion

Tips Menghemat Data Saat Bermain Pokemon Go

Sholahuddin Al Ayyubi
Rabu, 10 Agustus 2016 - 09:26
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA-Permainan Pokemon Go kini tengah menjadi tren dan banyak dimainkan oleh anak muda di seluruh dunia, karena menawarkan genre adventure yang menarik dengan tampilan perjalanan mirip dunia nyata.
 
Namun belakangan, banyak pemain Pokemon Go yang seringkali mengeluhkan paket datanya cepat habis pada saat memainkan permainan yang sempat terkenal pada era 90-an tersebut. Berdasarkan data Opera Max, dalam waktu 28 hari permainan tersebut telah menyedot paket data tidak kurang dari 600 MB.
 
Sebenarnya ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh pokemaster atau pemain Pokemon Go untuk menghemat data agar tidak terserap dalam jumlah yang besar setiap kali bermain. Seperti yang telah dilakukan oleh Opera Max misalnya, kini Opera Max menyediakan fitur khusus untuk para pokemaster agar dapat memantau data yang digunakan secara real-time.
 
Opera Max menyediakan icon khusus Pokemon Go yang dapat diklik oleh pemain pokemon agar bisa memantau jumlah konsumsi data yang digunakan setiap hari dan menelusuri riwayat penggunaan data. Opera Max juga mengklaim, icon tersebut dapat menekan penggunaan data tanpa mengganggu kinerja permainan, termasuk memantau berapa banyak penggunaan data yang terjadi di latar depan dan latar belakang.
 
Kemudian, salah satu penyebab hilangnya data dalam jumlah yang besar adalah penggunaan latar belakang. Opera Max menyebutkan sekitar 30% penggunaan data terbuang di latar belakang oleh ponsel pengguna dan menyebabkan data terkuras semakin cepat.
 
Data latar belakang atau background data adalah semua lalu lintas internet yang terjadi pada saat penggunanya tidak benar-benar menggunakan aplikasi seperti email sinkronisasi, ataupun pemberitahuan push.
 
Jika seluruh aplikasi tersebut tidak ditutup pada saat memainkan Pokemon Go, maka data yang akan tersedot akan lebih besar dari biasanya. Selain itu, pengguna juga tidak dapat memainkan permainan asal Jepang tersebut dengan maksimal, jika data latar belakang masih berjalan.
 
Selanjutnya adalah mengurangi penggunaan data untuk memutar video secara online. Opera Max menyebutkan video online mengkonsumsi sekitar 50% dari penggunaan paket data seluler selama ini.
 
Opera Max mengklaim layanannya dapat menekan penggunaan data pada saat memutar video secara online, sehingga pemain Pokemon Go dapat lebih leluasa dalam bermain tanpa harus kehabisan data internet saat perburuan monster pokemon sedang berlangsung.
 
Meskipun permainan Niantic ini menarik dan menjadi buah bibir anak muda di seluruh dunia, namun penggunanya tetap harus berhati-hati. Tidak sedikit pokemaster yang mengalami musibah seperti tercebur pada saat memainkan permainan ini karena hanya memperhatikan ponselnya tanpa memperhatikan jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro