Berkeringat/boldsky.com
Relationship

Ini Caranya Mengatasi Noda Membandel

Azizah Nur Alfi
Senin, 15 Agustus 2016 - 09:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Vanish, produk penghilang noda, mencatat lebih dari 50% para ibu mengaku frustasi menghadapi noda yang membandel minimal seminggu sekali. Hasil ini diperoleh dari hasil survei terhadap 350 ibu di kota besar Indonesia.

Seringkali para ibu memiliki kebiasaan yang tidak efektif dan memakan waktu untuk menghilangkan noda membandel. Misalnya, dengan mencuci kembali menggunakan lebih banyak deterjen atau mengucek lebih keras. Padahal dengan penanganan tersebut justru dapat mengakibatkan pakaian cepat rusak, seperti serat kain yang mudah sobek atau warna yang memudar.

Berikut tips pertolongan pertama pada noda membandel ala Vanish, seperti dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis:

1. Noda makanan dan minuman
Membersihkan noda makanan dan minuman terkadang menjadi sulit, terlebih ketika sudah mengering. Menggunakan deterjen saja tidak cukup karena noda yang mengering sudah terserap ke dalam serat kain. Untuk noda minyak goreng dan mayones, Anda perlu merendam bagian pakaian yang terkena noda dengan air hangat (maksimal 40°C) agar noda minyak mudah dihilangkan.

Sedangkan jenis noda yang membandel seperti susu coklat, es krim, saus tomat, dan kecap, cucilah bagian yang terkena noda dengan air dingin. Pastikan Anda menggunakan air dingin, karena air panas akan bereaksi dengan protein makanan dan membuatnya menjadi semakin sulit dibersihkan.

2. Noda kosmetik
Membersihkan noda kosmetik hanya dengan deterjen terkadang meninggalkan bercak seperti minyak bila tidak langsung dibersihkan. Membersihkan sisa kosmetik yang tidak berminyak seperti eye shadow dan blusher lebih mudah, namun tetap usahakan agar noda jangan sampai menyebar. Untuk noda berwarna gelap seperti maskara dan eyeliner dengan bahan minyaknya yang mudah menyerap ke dalam serat kain dan terlanjur mengering pada pakaian, gunakan produk penghilang noda seperti Vanish Oxi Action Powder untuk memudahkan pencucian dan mengurangi ucekan.

3. Noda lainnya
Agar tidak kesulitan membersihkan noda lainnya seperti noda darah, kotoran tubuh atau noda keringat, lakukan hal berikut ini:
- Noda darah
Menggunakan air dingin sangat pas untuk mencuci noda darah karena mampu memecah dan melarutkan darah. Hindari penggunaan air hangat karena justru akan "memasak" sisa darah dan semakin sulit untuk dihilangkan. Ucek noda darah yang menempel dengan air dingin pada kedua sisi kain. Hindari mengusap noda darah karena bisa memperluas noda.

- Noda dari kotoran tubuh
Sama halnya dengan membersihkan darah pada pakaian, hindari pencucian dengan air hangat. Penting untuk menggunakan air dingin saat pencucian, mengingat banyaknya protein dari kotoran tubuh yang justru akan semakin sulit untuk dihilangkan jika terkena air panas karena berubahnya susunan kimia protein. Rendamlah pakaian Anda di dalam air dingin secepatnya.

- Noda keringat
Pakaian yang dikenakan seringkali meninggalkan noda bekas keringat yang menguning pada pakaian. Seperti noda keringat pada bagian ketiak pakaian, biasanya muncul akibat dari bahan deodoran yang bereaksi dengan garam dalam keringat. Untuk menghilangkan noda keringat Anda bisa merendam pakaian selama satu jam di dalam air hangat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro