Kulit pipi bebas jerawat/Istimewa
Relationship

Cara Mudah & Tepat Menentukan Warna Kulit

JIBI
Selasa, 16 Agustus 2016 - 13:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Warna kulit, terutama pada bagian wajah, kerap dijadikan patokan untuk memilih warna baju.

Apalagi orang kadang suka usil mengomentari pakaian yang kita kenakan, yang dianggap tidak sesuai dengan warna kulit.

Apa yang menyebabkan orang sering mengontraskan kulit kita dengan warna baju dan bagaimana kita bisa tahu warna apa yang paling cocok untuk dipakai?

Namun jangan memaksakan diri untuk mengenakan warna tertentu bila kita memang tidak menyukainya.

Sebelum memilih warna baju, yang perlu kita ketahui adalah apa warna kulit kita sebenarnya, yang sering berbeda dari warna yang terlihat. Kulit bagian luar yang bisa dilihat langsung berbeda dengan warna asli kulit akibat terkena sinar matahari, pengaruh obat, atau ada penyakit kulit tertentu.

Selain itu, kulit pada bagian wajah kerap berbeda karena riasan wajah. Untuk mengetahui warna kulit yang sebenarnya, bersihkan kulit hingga bebas dari kosmetik atau losion. Tunggulah 15-30 menit setelah mencuci wajah sampai warna merah akibat pengaruh sabun hilang.

Untuk mengetahui warna asli kulit, lihatlah di bawah cahaya alam sinar matahari, bukan lampu yang kadang bisa mengubah tampilan warna. Cara yang lebih mudah untuk mengetahui warna kulit wajah adalah menggunakan sehelai kertas putih polos. Pegang kertas di samping wajah dan bandingkan warnanya.

Bila terlihat kekuningan, kehijauan, atau cokelat muda, berarti warna kulit kita hangat. Kalau terlihat jambon atau kemerahan, warna kulit itu sejuk. Andai terlihat agak abu-abu, maka warna kulit tersebut netral.

Cara lain untuk mengetahui jenis warna kulit adalah menekan urat nadi pada pergelangan tangan. Bila urat terlihat biru atau ungu, kulit kita termasuk sejuk. Andai terlihat hijau, kulit itu termasuk hangat; dan bila sulit untuk menentukan warna urat tersebut, kulit termasuk netral.

Bagaimana dengan reaksi terhadap matahari? Bila kulit mudah menjadi gelap akibat terbakar sinar sang surya, kulit tersebut termasuk hangat. Andaikan kulit menjadi merah dan bukan gelap, jenis kulit itu sejuk. Kulit yang netral bisa mengalami salah satu atau kedua warna akibat pengaruh sinar matahari.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro