Film 3 Srikandi terinspirasi dari kisah 3 atlet panahan Indonesia yang mendapatkan medali perak pada Olimpiade Seoul 1988/
Entertainment

Rayakan HUT RI ke 71, Berikut Daftar Pilihan Film Bertema Nasionalis

Azizah Nur Alfi
Rabu, 17 Agustus 2016 - 06:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Membangun rasa nasionalisme dapat dilakukan melalui film. Caranya dengan menyaksikan film-film kemerdekaan yang sedang tayang di bioskop.

“Banyak cara menumbuhkan rasa nasionalisme. Salah satunya melalui film-film bertema patriotik. Bahkan film-film Hollywood pun selalu menyajikan kejayaan Amerika Serikat. Indonesia pun bisa melakukan hal yang sama,” Co-Founder dan Managing Director BookMyShow Indonesia, Sudhir Syal.

Apa pilihan film bertema nasionalisme yang kini sedang tayang di bioskop? Berikut daftar film bertema nasionalisme yang dihimpun BookMyShow, seperti dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Selasa (16/8).

1. Lasjkar Di Tapal Batas
Film arahan Bayu Prayogo ini bisa menjadi film pilihan untuk kamu tonton di Hari Kemerdekaan. Lasjkar Di Tapal Batas mengisahkan Agresi Militer Belanda II pada 1948. Kala itu rakyat Bogor marah ketika Belanda kembali ingin menjajah. Banyak di antaranya secara sukarela menjadi pejuang dengan membentuk kelompok-kelompok kecil yang disebut Lasjkar Rakjat. Film berdasarkan kisah nyata ini dibintangi oleh Gorz Kurniawan, Tere Gunawan, dan Sonia Selvans.

2. Pantja-Sila: Cita-cita & Realita
Film dokumenter ini pun bisa menjadi pilihan kamu tonton. Pantja-Sila: Cita-cita & Realita ini disutradarai oleh Tino Saroengallo dan Tyo Pakusadewo. Aktor Tyo Pakusadewo pun berperan sebagai Presiden Soekarno. Ia menghidupkan kembali pidato Soekarno tanggal 1 Juni 1945 pada sidang BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia). Peristiwa tersebut kemudian dikenal sebagai Hari Kelahiran Pancasila, Dasar Negara Republik Indonesia. Film ini tayang 17 Agustus 2016.

3. 3 Srikandi
Film yang terakhir merupakan 3 Srikandi. Film arahan Iman Brotoseno ini terinspirasi dari kisah 3 atlet panahan Indonesia yang mendapatkan medali perak pada Olimpiade Seoul 1988. Ini merupakan medali Olimpiade pertama bagi Indonesia. Kisah 3 Srikandi ini wajib kamu tonton di Hari Kemerdekaan Indonesia, apalagi bertepatan dengan pelaksanaan Olimpiade Rio. Film ini didukung oleh penampilan dari Bunga Citra Lestari, Chelsea Islan, Tara Basro dan Reza Rahadian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro