Anak obesitas/Istimewa
Health

Simak, Begini Cara Mencegah Obesitas

JIBI
Rabu, 24 Agustus 2016 - 16:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Obesitas atau kegemukan tak hanya terjadi pada orangtua.

Kondisi ini pun bisa dialami oleh anak-anak. Dokter spesialis olahraga Indrarti Soekotjo menyebut, obesitas pada anak dapat dihindari asalkan orangtua mampu berhati-hati dalam mengenalkan makanan kepada anak sejak mereka masih bayi.

"Memori bayi itu sangat kuat jadi intinya jangan berikan bayi gula, garam ataupun rasa gurih," ujar Indrarti di Locanda Restaurant, Jakarta, Selasa (23/8/2016).

Menurut dia, pola makan anak harus diatur sejak masih mengonsumsi ASI.

"Setelah itu anak diajarkan makan mulai dari kental hingga makanan padat," katanya.

Makanan padat yang harus dikonsumsi inilah yang perlu diperhatikan yakni makanan pertama yang dikonsumsi hendaknya makanan alami yang tidak diberi gula, garam maupun rasa gurih.

"Jadi, anak akan mengenal rasa asli makanan tersebut," katanya.

Menurutnya, ketika pertama kali makan, anak diberi makanan yang memiliki rasa manis, asin ataupun rasa gurih, maka anak akan langsung mengingat rasa 'enak' tersebut.

"Jika anak diberi makanan dengan rasa asli makanan, anak akan mengenal rasa tersebut. Jika sudah mengenal, maka anak akan menganggap rasa buah dan sayur asli itu enak," katanya.

Namun, ia melanjutkan jika orangtua terlanjur memberi makanan yang telah diproses (diberi gula, garam, ataupun rasa gurih) orangtua masih bisa mencoba agar anak terhindar dari obesitas.

"Perbanyak makanan yang bergizi, mainkan aktivitas yang berguna dan menyenangkan dengan anak dan jangan lupa selalu beri anak air putih," ujar Indrarti.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro