Tiga siswi dari SMAK 3 Penabur Jakarta terpilih menjadi juara 1 kompetisi L'Oreal Girls in Science 2016./Bisnis
Relationship

Tiga Siswi Ini Ubah Kertas Bekas Jadi Media Tanam

Azizah Nur Alfi
Rabu, 24 Agustus 2016 - 10:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tiga siswi dari SMAK 3 Penabur Jakarta terpilih menjadi juara 1 kompetisi L'Oreal Girls in Science 2016. Mereka menciptakan solusi mengubah kertas bekas menjadi media tanam.

Dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Selasa (23/8/2016), ketiga siswi ini adalah Marshella Wijaya, Amanda Kosim, dan Clessya Olivia. Mereka mengusung tema Kehidupan Dalam Selembar Kertas.

Bagaimana cara mengubah kertas bekas menjadi media tanam? Ketiga siswi ini mengenalkan ada sembilan tahap untuk proses pengubahan ini. Pertama, hancurkan 2 kg kertas dengan kaporit. Kedua, rendam dengan 4 liter air selama 1 jam dan kaporit selama 5 menit. Ketiga, saring bubur kertas dan bilas dengan air bersih hingga bau kaporit hilang.

Keempat, campur dengan larutan buffer fosfat. Kelima, rebus bubur kertas lalu keringkan. Keenam, tambahkan mol dan pupuk kandang agar hasil maksimal. Ketujuh, haluskan dengan blender dan tambahkan air hingga lunak. Kedelapan, siapkan pot dan letakkan limbah kertas dan 2-3 bibit tanaman hias. Kesembilan, siram setiap hari.

Sebelumnya, L'Oreal Indonesia menantang siswi SMA se-Indonesia untuk menciptakan solusi yang dapat memberdayakan kembali lahan-lahan bernilai ekonomi tinggi dari sampah. Harapannya mereka bisa menjadi agen perubahan untuk mendorong revolusi mental di kalangan generasi muda dan menjalankan konsep 5R. Kompetisi L'Oreal Girls in Science bertujuan mempromosikan sains sebagai pilihan karier yang menyenangkan, kreatif, dan menjanjikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro